PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RENTAL MOBIL ANTON MAKASSAR

Authors

  • Frenia Sisca May Lagoan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mariah Mariah Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Dirwan Dirwan Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan dan Harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara parsiall terhadap loyalitas pelanggan rental mobil anton Makassar. (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap loyalitas pelanggan rental mobil anton makassar  Makassar (3) menganalisis variabel yang paling dominan diantara kualitas pelayana dan harga terhadap loyalitas pelanggan rental mobil anton makassar.

Sampel penelitian sebanyak 54 responden yang merupakan pelanggan yang loyal di rental mobil anton Makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan rental mobil anton Makassar (2) kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan rental mobil anton Makassar (3) variabel yang memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap loyalitas pelanggan rental mobil anton Makassar adalah harga.

References

Armayani, N. (2020). Program public relation PT. TIRA AUSTENITE TBK. Repository Universitas Bina Sarana Informatika (RUBSI), 53(9), 8–24. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/21931
Asaloei, E. K. S. S. S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.
Azizah, H., Manajemen, J., Ekonomi, F., Negeri Semarang, U., & Juni, D. (2012). Management Analysis Journal PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH. Maj, 1(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj
Batubara, A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Ilman, 4(1), 14.
Bhagwanani, R. (2013). Customer loyalty. Airline Business, 29(1), 31. https://doi.org/10.3139/9783446467620.013
Chusnul Rofiah, D. W. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1 Apr), 69–82.
Faizi, M. F., DIRSECIU, P., Robinson, J. R., DIRSECIU, P., Freund, H., Bergbau-, V. B. B., DIRSECIU, P., Aqüicultura, P. D. E. P. E. M., Donalek, J. G., Soldwisch, S., Coesão, E. D. E., Moreira, M. A., Fernandes, R. F., Federal, U., Catarina, D. S. E. S., Gerais, D., Silva, S. da, Learning, B. T., Baxto, W., … Jose https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ii, B. A. B. (2007). Bab ii tinjauan pustaka 2.1. 11–26. https://doi.org/10.1108/03090560710821233
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Latief, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 592–607. https://doi.org/10.31602/atd.v2i1.1191
Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212
Mubyl, M., Mariah, & Saskia, A. L. (2021). Desain Kemasan, Kualitas Produk dan Harga dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen By. Uwibama. Jurnal Mirai Manajemen, 6(3), 113–115.
MULYO BUDI SETIAWAN DAN UKUDI. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Pd. Bpr Bank Pasar Kendal). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2).
Nabilatul Abda, E. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen Toko Vizcake Pekanbaru. JOM FISIP Edisi II Juli – Desember, 5(Edisi II Juli – Desember 2018), 1–15.
Napitupulu, L. A. B. (2017). Pengaruh Komitmen Organisasional, Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Pekenbaru. Jurnal JOM Fekon, 4(1), 338–352.
Napitupulu, P. A., & Widodo, A. (2016). Pengaruh Bauran Promosi PT . Telkom Area Bandung Timur terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Indihome The Influence of promotion Mix on Buying Decision Process of Indihome Product in PT . Telkom East bandung. 3(3), 3548–3556.
P. Angipora, M. (2018). Defenisi Harga. 1–34. http://repository.uin-suska.ac.id/6611/4/BAB III.pdf
Romney & Steinbart. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sisten Informasi Akutansi Pada Puskesmas Air Dingin Kota Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.
Sinollah, & Masruro. (2019). Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen ). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.
Sujarweni (2015:225). (2019). Sujarweni (2015:225). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Lagoan, F. S. M., Mariah, M., & Dirwan, D. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RENTAL MOBIL ANTON MAKASSAR. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 200–211. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3949