PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKT DI KELURAHAN CAILE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA

Authors

  • Sumiati Sumiati KANTOR KELURAHAN CAILE
  • Syamsul Alam Program Pascasarjana Magister manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Muh. Said Program Pascasarjana Magister manajemen, STIE Nobel Indonesia Makassar

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

The Service Quality To Customer satisfaction At . Caile Urban Village Office. In the village office can’t be separated from the service activities because the service is a thing in the provision of goods and services primarily given to the community.this study aims to examine whether the quality of service influence on community satisfaction. In teh service system provided by the village of pure teak Caile there are some people who are satisfied with the service and nome are nor satisfied.This research uses observation method,” library research method and questionnaire method. The period of data taken by the author is in April 2020.. Data analysis using quantitative using correlation coefficient test, coefficient of determination test and regression equation test. This research use incidental sample counted 96 respondents at Caile  urban village office, the results of this study indicate that the quality of service has a strongly influence on public satisfaction with the t-  table while for calculation of determination obtained results  56.6% % and the rest of the other factors and based on the calculation of regression in obtaining equation Y = 1.985 + 0.178 X1 + 0.203 X2 + 0.633 X3 + 0.235 X4  + 0.336 X5   the conclusion that if the quality of service is improved then the community will be satisfied.

 

Abstrak

Dalam “instansi kelurahan tidak terlepas dari kegiatan pelayanan, karena pelayanan merupakan hal dalam pemberian jasa yang utamanya diberikan kepada masyarakat. Dalam sistem pelayanan yang diberikan oleh Kelurahan Caile ada sebagian masyarakat yang sudah puas dengan pelayanannya dan ada pula yang belum puas. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah kualitas pelayanan Publik berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.” Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, metode pustaka dan metode kuesioner. Periode data yang diambil penulis adalah pada april 2020. Analisis datanya dengan metode kuantitatif menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji persamaan regresi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 responden pada Kantor Kelurahan Caile. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan Publi berpengaruh posistif dan signifikan karena semua variabel t-hitung lebih besar dari t-tabel dan signifikan  terhadap kepuasan masyarakat dengan perhitungan determinasi hasilnya 56,6% dan sisanya faktor yang lainnya dan berdasarkan perhitungan” regresi diperoleh persamaan Y = 1.985 + 0.178 X1 + 0.203 X2 + 0.633 X3 + 0.235 X4  + 0.336 X5 kesimpulan apabila kualitas pelayanan ditingkatkan maka masyarakat akan puas.

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Sumiati, S., Alam, S., & Said, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKT DI KELURAHAN CAILE KECAMATAN UJUNG BULU KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(2), 183–199. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/JMMNI/article/view/1061