PENGARUH KOMPETENSI GURU, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SEKOLAH PADA SMA NEGERI 2 TAPALANG KABUPATEN MAMUJU
Keywords:
Competence, Work Environment, Motivation, Having Authority, Kompetensi, Lingkungan Kerja, Motivasi, EfektivitasAbstract
This study aims to see and analyze the positive and significant influence between ability, work environment, and motivation on the performance of teachers at SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country. The research was conducted at SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country. The research approach used by researchers is a quantitative approach with a survey method. The population in this study were all 37 teachers at SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country. Sampling of this study was conducted using a saturated sampling technique (census) by taking all populations randomly sampled as many as 37 teachers of SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country. The data analysis used is Multiple Regression Analysis (Multiple Regression Analysis). The results showed that the value of Fcount was 44,282, meaning the independent variable (X) which included teacher competence, work environment, and teacher motivation simultaneously affected the effectiveness of school management at SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country, it can be said to be significant because the examiners indicated that the result of Fcount = 44.282 is greater than F table = 3.07, and from the t test the independent variable (X) has a significant effect on the effectiveness of school management at SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country with the following summary: Variable teacher ability (X1) with tcount 3.063> t table 1.71, work environment variable (X2) with tcount 3.118> t table 1.71, Teacher motivation variable (X3) with tcount 4.064> t table 1.71, and based on the beta value results It is known that the standards that the variables including teacher competence, work environment, teacher motivation have the most significant influence The effect on school management at SMA Negeri 2 Tapalang, Mamuju Country is the teacher motivation variable (X3) of 0.436.
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan, lingkungan kerja, dan motivasi dan \ terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju.Penelitian dilaksanakan pada SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah meliputi seluruh guru pada SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju sebanyak 37 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) dengan mengambil semua populasi dijadikan sampel secara acak sebanyak 37 orang guru SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 44.282, berarti variabel bebas/independen (X) yang meliputi kompetensi guru, lingkungan kerja, dan motivasi guru secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan sekolah pada SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju bisa dikatakan signifikan karena dari pengujian menunjukkan bahwa hasil Fhitung = 44.282 lebih besar dari F tabel = 3,07, dan dari uraian uji t variabel bebas/independen (X) signifikan berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan sekolah pada SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju dengan ringkasan sebagai berikut : Variabel kemampuan guru (X1) dengan nilai thitung 3.063 > t tabel 1,71, Variabel lingkungan kerja (X2) dengan nilai thitung 3.118 > t tabel 1,71, Variabel motivasi guru (X3) dengan nilai thitung 4.064 > t tabel 1,71, serta Berdasarkan hasil nilai beta standardized diketahui bahwa variabel-variabel yang meliputi kompetensi guru, lingkungan kerja, motivasi guru maka yang mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap efektivitas pengelolaan sekolah pada SMA Negeri 2 Tapalang Kabupaten Mamuju adalah variabel motivasi guru (X3) sebesar 0,436.
References
Arifin, R. 2013. Perilaku Organisasi. Malang: Bayu Media
Bafadal, Ibrahim. 2013. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori danAplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Fattah, Nanang. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Binarupa Aksara.
Hasibuan, Malayu SP. 2010. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung.
Indar, Dhumberansyah. 2012. Filsafat Pendidikan. Surabaya. Karya Abditama.
Jalal, F. 2015. Kebijakan Pendidikan dalam Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Jogiyanto. 2013. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Komaruddin. 2010. Manajemen Berdasarkan Sasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Manullang, M. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Martoyo, S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 5. Yogyakarta: BPFE.
Mulyasa, E. 2012. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara..
Robbins, Stephen P. 2011. Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Educatioan International. Edisi terjemahan.
Supriadi, Dedi. 2013. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara
Tilaar, H.A.R. 2012. Membenahi Pendidikan Nasional . Jakarta: Rineka Cipta
Triguno. 2010. Budaya Kerja: Menciptakan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Golden Terayon Press.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) . Jakarta: Sinar Grafika
Wahjosumidjo. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada