IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA STIE WIRA BHAKTI MAKASSAR
Keywords:
Efectivity, Blended Learning, Motivation, ProductivityAbstract
Productivity asa a result of learning is an achievement to change individual behavior for the better, encourage ego-involment and useful for many people. This is can be achieved if the campus is able to compete and adapt to changes in technology, information and communication.When the Covid-19 Pandemic hit the world, including Indonesia, the education had to change and even modify learning methods to achieve lecture produktivity. Blended Learning as a learning enrichment is considered very effective supported by intristic and extristic motivation,
The study aims to identify and analyze the effect of blended learning effectiveness and motivation on the productivity of lecturers and students at STIE Wira Bhakti Makassar. The research sample was 63 lecture of STIE Wira Bhakti Makassar and the analysis method used was multiple regression analysis with the IBM SPSS Statistics program. The results showed that the effectiveness of the blended learning method and motivation had a positive and segnificant effect on the productivity of the lecturers and students of STIE Wira Bhakti Makassar.
References
Aji, Rizqon Halal Syah. Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya SYAR-I. Vol. 7 N0. 5.
Bhirawa, Danu. 2020. Metamorfosis Dunia Pendidikan dalam Masa Pandemo Covid-19. https://www.harianbhirawa.co.id/metamorfosis-dunia-pendidikan-dalam-masa-pandemi-covid-19/
Hamdani, Acep Roni dan Asep Priatna. 2020. Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol.VI. No.1
Hilma, Lina Rihatul. Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended learning) Terhadap Motivasi Siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 2. No1.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-to Face, Offline-Online dan Mobile Learning. Penerbit : Prestasi Pustaka
Khoiroh, Ni’matul; Muntono; Lilik Anifah. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol.10. No.2. Hal 97-110.
Manggabarani, Farihah; Sugiarti; Melati Masri. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas X SMA negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo. Jurnal Chemica. Vol. 17 No.2 Hal 83-93
Mediawati, Elis. 2010. Pengaruh Motivasi Bellajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. V No. 2. Hal 134-146.
Nuryana, Agus Nana. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. https://kabar-priangan.com/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/
Setyaka, Virtous. 2020. Covis-19, Deglobalisasi, dan Pasca-Neoliberalisme. https://kabarkampus.com/2020/03/covid-19-deglobalisasi-dan-pasca-neoliberalisme/
Published
How to Cite
Issue
Section
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.