Pengaruh Administrasi Pendidikan dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru pada MAN 1 Bintan Kepulauan Riau
Abstract
This study aims to determine and analyze: the effect of educational administration and academic supervision on teacher performance at MAN 1 BintanRiau Islands. This research approach uses survey research. The time of the research was carried out starting in March 2021. The research population was 30 lecturers who taught at MAN 1 Bintan Kijang, Riau Islands. The sample selection in this study was carried out using the census method where the population acted as a sample. The results showed that: 1) There was no positive and significant effect of education administration individually (partial) on teacher performance at MAN 1 BintanRiau Archipelago, with tcount = 0.258 < ttable = 1.99. 2) There is a positive and significant effect of individual (partial) academic supervision on teacher performance at MAN 1 BintanRiau Islands, with tcount = 2.397 > ttable = 1.99. 3) There is a simultaneous (simultaneous) effect of education administration and academic supervision on teacher performance at MAN 1 BintanRiau Islands, where Fcount = 15,467 > Ftable = 2.73. Based on the results of the study, the coefficient of determination (R2 ) was 0.534 or (53.4%). This
References
Asf, Jasmani, 2013. Supervisi Pendidikan (terobosan baru dalam peningkatan kinerja pengawas sekolah dan guru. Jogjakarta: Ar-ruzz media.
Burhanuddin, Yusak. 2015. Administarsi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia
Daryanto. 2011. Administrasi pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Depdiknas. 2007. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
Engkoswara, 2011. Administrasi Pendidikan, Bandung: Akfabeta
Hamzah B Uno dan Nana Lamatenggo. 2014. Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Masaong, Abd. Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Jakarta: Alfabeta.
Rosmiaty Azis, 2016. Pengantar Administrasi Pendidikan. Penerbit Sibuku:Bantu Yogyakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Supardi. 2013. Kinerja guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tutik Rachmawati dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya, Yogyakarta : Gava Media
Syaiful Bahri Djamarah. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT Rineka Cipta
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar profesionalisme guru. Jakarta: Prestasi Pustaka
Copyright (c) 2021 AkMen JURNAL ILMIAH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.