Analisis Kompetensi Profesional dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Dosen Melalui Proses Pembelajaran Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mah-Eisa Manokwari Propinsi Papua Barat

https://doi.org/10.37476/akmen.v19i3.3217

Authors

Keywords:

Competence, Infrastructure, Learning Process and Performance

Abstract

This study aims to analyze the effect of professional competence and infrastructure on the performance of lecturers through the learning process at the Mah-Eisa Manokwari College of Economics. The research uses descriptive and verification methods with a quantitative approach. The population of this study were all lecturers of the Mah-Eisa Manokwari College of Economics totaling 100 people, the determination of the sample using the saturated technique, all populations were sampled so that the research sample was the same as the total population, namely 100 respondents.

The results of the study indicate that: (1) Professional competence and infrastructure have a positive and significant effect on the learning process, (2) Professional competence and infrastructure have a positive and significant effect on lecturer performance (3) Professional competence and infrastructure. significant effect on the performance of lecturers through the learning process at the Mah-Eisa Manokwari School of Economics

References

Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan. Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alkafi, R., Samsi, S., & Nurdin, N. (2014). Pengaruh RPP, Metode Pembelajaran, Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(7).
Arikunto, Suharsimi & Yuliana, Lia. 2008.Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Adita.
Blazey, et al. (2009). Insight to Performance Exellence in Education 2001: An Inside Look at the 2001 Baldridge Award Criteria for Education. Winconsin: ASQ Quality Press.
Deswarta, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim,Valuta, 3(1), 19-39.
Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Djamarah, dkk. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka cipta
Eryadini, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di STKIP PGRI Lamongan. Journal STKIP PGRI Lamongan, 1(1), 6-6.
Fauziana, D. (2017). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Tesis Program Pascasarjana IAIN Ponorogo.
Gagarin, M. Y., Pallu, S., & Baharuddin, S. T. (2012). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur.
Husaini, H. (2017). Pengaruh Profesional Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Agama Islam Di FKIP Universitas Pattimura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(1), 9-16.
Istiqomah, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Proses Belajar MengajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.
Isyanto, P., & Syaripudin, A. (2011). Analisis Kinerja Dosen Program Pascasarjana Universitas Singaperbangsa Karawang. Majalah Ilmiah SOLUSI, 9(19).
Lilawati, E., & Mashari, F. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Kepuasan Kerja Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Universitas KH A Wahab Hasbullah Jombang. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1), 39-63.
Lukman, Aceng., Lukman M. Baga., dan Farit M. Afendi. (2016). Pengaruh Persepsi Dosen Mengenai Standar Mutu Proses Pembelajaran terhadap Pelaksanaan Proses Pembelajaran di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 16 No. 2.
Mangkunegara, A.A. Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakary
Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Nur'aeni, N. A. (2011). Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Komitmen Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta Di Kopertis Wilayah II Palembang (Survey pada PTS di Kopertis II Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2).
Peraturan Pemerintah (PP.) No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta : Prenada.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: PT Refika Aditama.
Siregar, Eveline., dan Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia.
Sudiro. (2015). Pengaruh sarana, proses pembelajaran, dan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa pada Poltek Surakarta. Jurnal Sainstech Politek,Vol. 1 (4) Desember 2015.
Tutik, Rachmawati dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru Dan Angka Kreditnya . Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Uno Hamzah B. (2008). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara
Usman Husaini (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Veithzal Rivai. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok.
Zainuddin, P., Riama P., dan Oktarida, A. (2015). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja serta implikasi pada kinerja Dosen Prosiding Seminar Nasional.

Published

2022-12-31

How to Cite

Yertas, M. (2022). Analisis Kompetensi Profesional dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Dosen Melalui Proses Pembelajaran Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mah-Eisa Manokwari Propinsi Papua Barat. AkMen JURNAL ILMIAH, 19(3), 308–320. https://doi.org/10.37476/akmen.v19i3.3217