MENAKSIR KUALITAS LAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Keywords:
Customer satisfaction, realibility, responsibility, assurance, emphaty and tangibleAbstract
This research aims (1) to know and analyze the influence of Service Quality Dimensions at Clarion Hotel and Convention Makassar, (2) to know what dimension that mostly influence the service quality of customer.
This research is a survey towards Customer of Clarion Hotel and Convention Makassar. Analysis unit in this research is individual. Sample selection is y using Random Sampling method. The observed variable is (1) customer’s satisfaction, (2) realibility, (3) responsibility , (4) assurance, (5) emphaty, and (6) tangible. The obtained data then analyzed by using multiple regression with calculation through computer with SPSS.
The results show that (1) the results of statistic test that simultanously reability, responsibility, assurance, emphaty and tangible influence towards the customer satisfaction of Clarion Hotel and Convention Makassar. (2) partially show that service quality in form of responsibility give the most contribution towards the level of customer satisfaction.
Published
How to Cite
Issue
Section
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.