PENGARUH MINAT KONSUMEN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PEMBAYARAN NON TUNAI
Keywords:
Consumer interests, Social Media and non-cash paymentsAbstract
This research aims to determine the influence of consumer interest and social media on the use of non-cash payment instruments among UMI Faculty of Economics and Business students. This research uses quantitative data, data collection in this research uses a questionnaire containing 14 questions and distributed to 97 respondents who use non-cash payments in transactions on social media. Data analysis techniques use validity tests, reliability tests, descriptive data analysis, multiple linear regression analysis and hypothesis testing.
The results of the research conducted show that consumer interest and social media simultaneously influence the use of non-cash payment instruments. Then, partially, consumer interest and social media also have a significant influence on the use of non-cash payment instruments.
References
Abnur, A. Aspek Perlindungan Konsumen. Jakarta: Bank Indonesia Less Cash Society, 2006
Angipora, Marius P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Raja Grafindo Persada. Jakarta. 404 hlm
Alam S. Ekonomi makro, Jakarta: Agro Media, 2016
Frederic, Mishkin, Subprime Crisis Preview Chapter for the Economics of Money, Banking, and Financial Market, Jakarta: Penerbit Andi, 2012
Indriastuti Maya, Rizki Herdian. Influeecers E-money I banking Sector, Bandung: Jurnal, 2014
Khairi. perkembangan e- commerce di indonesia http://www.unpas.ac.id/perkembangan-e-commerce-di-indonesia Di unduh pada tanggal 15 Februari 2017
Priansa, Donni Juni. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2013
Peraturan Bank Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu
Robbin, Stephen, Timothy A.Judge. Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat Wijaya Grand Cente, 2012
Rahma, Mayadina.sejarah uang elektronik Http://www.illmupengetahuan.blogspot.com/sejarah-uang-elektronik diunduh pada tanggal 20 Juli 2018
Siregar, Sofian. Metode Penelitian Kuantitatif Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013
Syahrum dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Cipta Media, 2014
Tim Inisiatif Bank Indonesia. Upaya Meningkatkan Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai Melalui Pengenbangan E-Money, Jakarta: Work Paper, 2006
Tata usah, jumlah mahasiswa aktif per jurusan 2019/2020: Makassar : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, 2020
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Thesis Bisnis, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 AkMen JURNAL ILMIAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.