PENGARUH MOTIVASI EKONOMI, MOTIVASI KARIR, MOTIVASI GELAR DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)
Keywords:
MotivationAbstract
This research aims to determine the influence of economic motivation, career motivation, degree motivation and education costs on accounting students' interest in taking Accounting Professional Education (PPAk). This research method is a quantitative method. Data analysis uses multiple regression analysis, the calculation process uses the IMB SPSS 23 program. The hypothesis tests used are simultaneous tests (F test), partial tests (t test), and coefficient of determination tests (R2 test). The unit of analysis used in this research is active accounting students Class of 2020 and 2021 from 5 private universities in Bogor with a sample size of 100 respondents. The results of the study show that economic motivation, career motivation, degree motivation, education costs have a simultaneous effect on Accounting students' interest in taking PPAk. Meanwhile, partially economic motivation has a negative and insignificant effect on accounting students' interest in taking PPAk. Career motivation and degree motivation partially have a positive and significant effect on accounting students' interest in taking PPAk. And educational costs partially have no effect on accounting students' interest in taking PPAk.
References
Agustina, R., & Yuli, J. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi di Banjarmasin Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus: PTS dan PTN). Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 129–144.
Ana, M., & Jaeni. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 15(1), 205–215. https://doi.org/10.51903/kompak.v15i1.641
Anggraini, D., & Nursiam. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Seminar Nasional & Call For Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS-2019), 143–159.
Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Pamator Journal, 13(1), 30–43. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7001
Fitri, H. R., Zahara, Z., & Maryati, U. (2022). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Accounting Information System, Taxes, and Auditing, 1(2), 142—149. https://akuntansi.pnp.ac.id/aista
Furqano Annasa Essera, Sukartini, & Dedy Djefris. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pemilihan Karier Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 86–91. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.15
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (Edisi Semb). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsoro, D., & Hendrik, D. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta). Akuntansi Dewantara, 2(2), 142–156. https://doi.org/10.29230/ad.v2i2.2638
Heider, Fritzz. (1958). The Ppsychology of Interpersonals Relations. Wiley. New York.
IAPI. (2022). Direktori Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik. Ikatan Akuntan Publik Indonesia, 1–312. https://iapi.or.id/direktori-kap-ap-2022/
Icek Ajzen. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior ((2nd Edition). Maidenhead: McGraw-Hill Education.
Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Undang Undang (UU) Nomor 34 tahun 1954 pasal 6. (n.d.). http://iaiglobal.or.id
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 25/PMK.01/2014 Tentang Akuntan Beregister Negara Tertanggal 3 Februari 2014. (n.d.). http://iaiglobal.or.id
Republik Indonesia, 1945, Undang-Undang Dasar 1945, pasal 28C ayat (1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Widyastuti; Suryaningsum; Juliana. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Yogyakarta. Simposium Nasional Akuntansi, VII(SNA), 320–229.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 AkMen JURNAL ILMIAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.