PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN, PENERBITAN SURAT TAGIHAN PAJAK TERHADAP PENDAPATAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB)

https://doi.org/10.37476/akmen.v21i3.4638

Authors

  • Roihatul Jennah universitas trunojoyo madura
  • Frida Fanani Rohma Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

kualitas pelayanan,surat tagihan pajak, pendapatan pajak

Abstract

This type of research is descriptive research with a qualitative approach. The informants in this research were motor vehicle tax payers. The data obtained from the Bapenda UPT Bangkalan office which manages motor vehicle taxation (PKB), with direct services by the Bangkalan Samsat, and of course regarding whether services can be an obstacle or smoothness to tax revenues. to find out regarding the issuance of tax bills, where there are 3 follow-up SPSOs (letter collecting data on motor vehicle tax subjects and objects), late payment of PKB within 14 days. NPP (motor vehicle tax calculation note), late payment of PKB within 1 month. NTP (motor vehicle tax bill note), Late payment of PKB within 2 months. On motor vehicle tax revenue. The data used in this research is data obtained directly from Samsat. From the results of the analysis above, whether implementing service quality and issuing tax bills (STP) is beneficial for the level of tax revenue.

References

Ahmad, B., Romadhoni, B., & Adil, M. (2020). Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(1), 15–23. https://doi.org/10.26618/jrp.v3i1.3401

amelia westri aurumasari, topowijoyono, raden rustam hidayat. (2016). efektivitas pemungutan pajak melalui penerbitan surat pajak terhadap penerimaan pajak kendaraan bermotor di kota malang. Perpajakan, 10(1), 5–24.

Anastasya, S., Fadjar, A., & Wirastuti, W. (2023). Mekanisme Penetapan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Kantor Bersama Samsat Palu. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 74–78.

Aurumasari, A. W., Topowijono, & Hidayat, R. R. (2016). EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK MELALUI PENERBITAN SURAT PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA MALANG (Studi Kasus Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur UPTD Malang Kota). Jurnal Perpajakan, 53(9), 1689–1699.

dewi hasmayna. (2022). Analisis Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara UPTD PPD Sangihe Talaud Dan Sitaro. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum …, 6(1), 729–738.

Jakaria, angela harianja. (2023). pengaruh kesadaran masyarakat,kualitas pelayanan dan tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor samsat di wilayah jakarta barat. 20(28).

oky rachmatullah. (n.d.). Teori Pajak Menurut Abu Yusuf Sebuah Alternatif Solusi Perpajakan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam, 8, 1–32.

Petrus Yan Fayaman Sanadi, Fatmawada, D. (2024). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BIAK NUMFOR Petrus. Https://Doi.Org/10.52049/Gemakampus.V19i1.377, 19(1), 55–71.

Rompis, N. E., Ilat, V., Wangkar, A., Ekonmi, F., & Akuntansi, J. (2015). TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA ( STUDI KASUS PADA SAMSAT AIRMADIDI ). Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(03), 51–62.

Syamsir, Ansari, I., & Haerana. (2021). Model Kualitas Pelayanan Penerbitan Surat Tanda. Jurnal Unismuh, 2.

Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Program E-Samsat terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Samsat Daerah Istimewa Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(2). https://doi.org/10.31316/akmenika.v15i2.999

Published

2024-12-31

How to Cite

Jennah, R., & Fanani Rohma, F. (2024). PENERAPAN KUALITAS PELAYANAN, PENERBITAN SURAT TAGIHAN PAJAK TERHADAP PENDAPATAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB). AkMen JURNAL ILMIAH, 21(3), 255–267. https://doi.org/10.37476/akmen.v21i3.4638