NILAI KEJUJURAN DALAM PENETAPAN HARGA JUAL RESTORAN ONLINE GRABFOOD

https://doi.org/10.37476/akmen.v21i2.4797

Authors

  • Busrin Raihana Mas’ud Universitas Ichsan Sidrap, Indonesia
  • Asrini Asrini Universitas Ichsan Sidrap, Indonesia

Keywords:

consistenct cost-plus pricing, Consistency Market Mechanism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai kejujuran dalam penetapan harga jual pada restoran online grabfood Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang menggunakan metode fenomenologi . Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 Restoran yang terdaftar pada Aplikasi GrabFood di kota Makassar. Metode pengumpulan data dalam Penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan library research atau kajian kepustakaan. Temuan penelitian ini adalah pada konsep harga jual berbasis consistenct cost-plus pricing pada restoran online grabfood ibu sukina terhadap penetapan harga jual sudah diterapkan secara konsisten dengan memperoleh keuntungan yang kecil karena sistem yang beliau pakai harga harus konsisten baik sebelum promo maupun setelah promo dari pihak grabfood dan harus ada nilai sedekah didalamnya. Penentuan harga yang diterapkan menjadi kewenangan Ibu Sukina. Sedangkan harga jual produknya telah ditetapkan secara konsisten walaupun harga di pasaran mengalami kenaikan. Kemudian pada konsep yang kedua yaitu Consistency Market Mechanism  pada restoran online grabfood ibu sukina untuk harga jual yang telah terbentuk pada awal penetapan harga jual melalui mekanisme pasar beliau tidak menaikkan harga meskipun harga jual dipasaran mengalami kenaikan. Adapun Jenis kejujuran yang digunakan untuk merumuskan harga jual Islami dan sudah diterapkan pada restoran online ibu sukina meliputi kejujuran didalam berniat, kejujuran lahiriah dan kejujuran bathiniah.

References

Afzalurrahman. 1982. Muhammad sebagai Seorang Pedagang. Terjemahan Dewi Nurjulianti, dkk. 2000. Yayasan Swarna Bhumy. Jakarta

Agustian, Ary Ginanjar. 2004. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Arga. Jakarta

Alimuddin. (2009). Merangkai Konsep Harga Jual Berbasis Keadilan dalam Islam. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 15(4), 523 – 547.

Alimuddin. 2011. Islamic Pricing Concept Based on Ukhuwwah Value. International Seminar and Conference on Islamic Economics: Bridging Ideal and Realities Towards Economic Development Sustainability in Emerging Islamics Countries: Islamic Economic in Macro and Micro Perspectives. Universitas Negeri Jakarta and Kolej Islam Darul Ridzuan-Malaysia, 11 – 12 October 2010, Jakarta.

Alimuddin dan Iwan Triyuwono et al. 2011. Konsep Harga Jual Kejujuran. Meraih Keuntungan Menggapai Kemaslahatan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 2 (1). 70-90

Al-Mishri, Mahmud. 2008. Hiduplah Bersama Orang-orang Jujur; Langkah Mudah Menikmati Hidup Penuh Berkah. Pustaka Arafah. Solo.

Badri, Muhammad Arifin Bin. 2008. Sifat Perniagaan Nabi Shallalahu‘alahiwasallam. Pusta Darul Ilmi. Bogor.

Baidowi, Aris. 2011. Etika Bisnis Perspektif Islam. JHI, Volume 9, Nomor 2, Desember 2011

Bewes, T. 2000. What is Piolo sophical Honesty in Post modern Literature? New Literature History. Vol 31 Hal 421-34

Colaizzi, P.F. 1978. Phychologycal Research as the Phenomenologist Viws it. In R. Vaile & M. King (Eds.). Existential Phenomenological alternatives for Psychology, pp. 48-71. New York: Oxford University Press.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications

https://www.kompas.com/food/read/2021/07/03/142419575/tips-tentukan-harga-jual-makanan-online-saat-promo-agar-tetap-untung?page=all.

Hakim, R., & Syaputra, E. 2013. Business As Al-Amanah And The Responsibilities of Islamic Business Managers. La_Riba, 6 (2), 199-210.

Hendricks, Gay, dan Kate Ludeman. 2003. The Corporate Mystic: Sukses Berbisnis dengan Hati. Terjemahan Fahmy Yamani. Kaifa, PT Mizan Pustaka. Bandung

Muhammad Djakfar, Etika Bisnis, (Jakarta: Penebar Plus, 2012), 29

Samdin, 2007. Pemahaman Modal Dalam Praktek Dagang Masyarakat Muslim Gu-Lakudo di Sulawesi Tenggara. Disertasi Program doktor ilmu Ekonomi Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang

Saifullah, Muhammad. 2011. Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Jurnal Walisongo, Volume 19, Nomor 1, Mei 2011

Sumarna, Cecep. 2006. Filsafat Ilmu dari Hakikat menuju Nilai. Pustaka Bani Quraisy. Bandung

Qardhawi, Yusuf. 2000a. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press. Jakarta.

Published

2024-08-30

How to Cite

Mas’ud, B. R., & Asrini, A. (2024). NILAI KEJUJURAN DALAM PENETAPAN HARGA JUAL RESTORAN ONLINE GRABFOOD . AkMen JURNAL ILMIAH, 21(2), 134–144. https://doi.org/10.37476/akmen.v21i2.4797