NILAI KEJUJURAN DALAM PENETAPAN HARGA JUAL RESTORAN ONLINE GRABFOOD
Keywords:
consistenct cost-plus pricing, Consistency Market MechanismAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai kejujuran dalam penetapan harga jual pada restoran online grabfood Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang menggunakan metode fenomenologi . Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 Restoran yang terdaftar pada Aplikasi GrabFood di kota Makassar. Metode pengumpulan data dalam Penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan library research atau kajian kepustakaan. Temuan penelitian ini adalah pada konsep harga jual berbasis consistenct cost-plus pricing pada restoran online grabfood ibu sukina terhadap penetapan harga jual sudah diterapkan secara konsisten dengan memperoleh keuntungan yang kecil karena sistem yang beliau pakai harga harus konsisten baik sebelum promo maupun setelah promo dari pihak grabfood dan harus ada nilai sedekah didalamnya. Penentuan harga yang diterapkan menjadi kewenangan Ibu Sukina. Sedangkan harga jual produknya telah ditetapkan secara konsisten walaupun harga di pasaran mengalami kenaikan. Kemudian pada konsep yang kedua yaitu Consistency Market Mechanism pada restoran online grabfood ibu sukina untuk harga jual yang telah terbentuk pada awal penetapan harga jual melalui mekanisme pasar beliau tidak menaikkan harga meskipun harga jual dipasaran mengalami kenaikan. Adapun Jenis kejujuran yang digunakan untuk merumuskan harga jual Islami dan sudah diterapkan pada restoran online ibu sukina meliputi kejujuran didalam berniat, kejujuran lahiriah dan kejujuran bathiniah.
References
Afzalurrahman. 1982. Muhammad sebagai Seorang Pedagang. Terjemahan Dewi Nurjulianti, dkk. 2000. Yayasan Swarna Bhumy. Jakarta
Agustian, Ary Ginanjar. 2004. Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Arga. Jakarta
Alimuddin. (2009). Merangkai Konsep Harga Jual Berbasis Keadilan dalam Islam. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 15(4), 523 – 547.
Alimuddin. 2011. Islamic Pricing Concept Based on Ukhuwwah Value. International Seminar and Conference on Islamic Economics: Bridging Ideal and Realities Towards Economic Development Sustainability in Emerging Islamics Countries: Islamic Economic in Macro and Micro Perspectives. Universitas Negeri Jakarta and Kolej Islam Darul Ridzuan-Malaysia, 11 – 12 October 2010, Jakarta.
Alimuddin dan Iwan Triyuwono et al. 2011. Konsep Harga Jual Kejujuran. Meraih Keuntungan Menggapai Kemaslahatan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 2 (1). 70-90
Al-Mishri, Mahmud. 2008. Hiduplah Bersama Orang-orang Jujur; Langkah Mudah Menikmati Hidup Penuh Berkah. Pustaka Arafah. Solo.
Badri, Muhammad Arifin Bin. 2008. Sifat Perniagaan Nabi Shallalahu‘alahiwasallam. Pusta Darul Ilmi. Bogor.
Baidowi, Aris. 2011. Etika Bisnis Perspektif Islam. JHI, Volume 9, Nomor 2, Desember 2011
Bewes, T. 2000. What is Piolo sophical Honesty in Post modern Literature? New Literature History. Vol 31 Hal 421-34
Colaizzi, P.F. 1978. Phychologycal Research as the Phenomenologist Viws it. In R. Vaile & M. King (Eds.). Existential Phenomenological alternatives for Psychology, pp. 48-71. New York: Oxford University Press.
Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications
Hakim, R., & Syaputra, E. 2013. Business As Al-Amanah And The Responsibilities of Islamic Business Managers. La_Riba, 6 (2), 199-210.
Hendricks, Gay, dan Kate Ludeman. 2003. The Corporate Mystic: Sukses Berbisnis dengan Hati. Terjemahan Fahmy Yamani. Kaifa, PT Mizan Pustaka. Bandung
Muhammad Djakfar, Etika Bisnis, (Jakarta: Penebar Plus, 2012), 29
Samdin, 2007. Pemahaman Modal Dalam Praktek Dagang Masyarakat Muslim Gu-Lakudo di Sulawesi Tenggara. Disertasi Program doktor ilmu Ekonomi Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Malang
Saifullah, Muhammad. 2011. Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah. Jurnal Walisongo, Volume 19, Nomor 1, Mei 2011
Sumarna, Cecep. 2006. Filsafat Ilmu dari Hakikat menuju Nilai. Pustaka Bani Quraisy. Bandung
Qardhawi, Yusuf. 2000a. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Gema Insani Press. Jakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 AkMen JURNAL ILMIAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.