EFEK KOMUNIKASI, SUPPORT KELUARGA DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDIT MA’ARIF MAKASSAR
Keywords:
Blended LearningAbstract
The purpose of this study is to analyze the influence of Communication, Family Support and Emotional Intelligence on Student Learning Achievement at SDIT Ma'arif Makassar. The research approach used in this study is quantitative research because this study aims to prove the hypothesis, using research instruments on teachers at SDIT Ma'arif Makassar. In this study, the research population of SDIT Ma'arif Makassar teachers was 38 teachers. The sampling method is a saturated sample technique. So the sample in this study is 38 samples. In this study, the author used multiple linear regression analysis.
References
Adha, H. D. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Ibu Pekerja Penuh Waktu. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 152–162. https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-special-education-teachers-about-access/docview/2477168620/se-2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aed
AMRI, S. (2020). Pengaruh Penempatan dan Beban Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai pada Kantor Dinas Pengairan Provinsi Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.35870/jemsi.v6i1.335
Ayuningtyas, N. (2016). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. 1–23.
Christiani, P. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah Dan Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 1858–4985.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Remaja Rosdakarya.
Faizin, T. (2023). Korelasi Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Sirajul’Ibad Aceh Selatan. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(2), 183–207.
Fatihah, M. Al. (2016). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.200
Flippo, E. B. (2014). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gkintoni, E., Halkiopoulos, C., & Dimakos, I. (2023). Emotional Intelligence as Indicator for Effective Academic Achievement within the School Setting: A Comprehensive Conceptual Analysis. Preprinst. https://doi.org/10.20944/preprints202310.2029.v2
Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. (2017). Kecerdasan Emosional, terj., T. Hermaya Jakarta : PT. Gramedia.
Istiqlalia, N. (2021). Pengaruh Komunikasi Keluarga dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 463. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53386
Juster Donal S. (2018). Tingkat Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 43–54. http://ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/19
Koesdarwati, S. E., Santi, N. N., & Wiguna, F. A. (2023). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Sdn Mojoroto 4 Kota Kediri. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 339–350. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.804
Kuncoro. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Andi.
Kuntjoro. (2009). Filsafat Ilmu. dikat Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kurniadi, O. (2001). Terhadap Prestasi Belajar Anak. Mediator, 2(2), 267–290.
Liauwrencia Frebian Prisca.Putra Denny. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestsi Belajar Siswa XII IPA 2 Tahun Ajaran 2013/2014 Di SMA Dharma Tangerang. NEOTIC Psikologi, 4.
Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.
Malayu S. P. Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Martoguhun, J., Limbong, M., & Sihotang, H. (2022). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Komunikasi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Tingkat Menengah Atas Dan Kejuruan Se - Kecamatan Buntu Pepasan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 83–98. https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4172
Muhyidin, M. (2007). Manajemen ESQ Power, Yogyakarta: Diva Press.
Mukarom, Z. (2020). Teori-teori komunikasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
NURIKASARI, N. (2022). engembangan Kecerdasan Emosi (Emotional IntelligPence) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa. Universitas PTIQ Jakarta, 27(3), 259–280. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/732/%0Ahttps://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/732/1/2022-NENENG NURIKASARI-2020.pdf
Nursanti, S., Utamidewi, W., & Tayo, Y. (2021). Kualitas Komunikasi Keluarga tenaga kesehatan dimasa Pandemic Covid-19. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(1), 233. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i1.2817
Octavia, D. A., & Sugiarti, R. (2023). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Melalui Konsep Diri Sebagai Mediator. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 394. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i1.7721
Panuju, R. (2018). Pengantar studi (ilmu) komunikasi: komunikasi sebagai kegiatan, komunikasi sebagai ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Prasanti, D., & El Karimah, K. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membentuk Komunikasi Keluarga Islami di Era Digital. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(1), 195-212.
Retnowati Dyah. (2014). Studi Tentang Dukungan Keluarga Terhadap Anak Tuna Grahita Di Slb Kuncup Mas Banyumas.Skripi.Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Mencapai Derajat Sarjana S-1 Psikologi.Universitas Muhamahdiyah.Purwokerto.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Utility:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility
Sardiyanah, S. (2020). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(1), 123–144. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187
Sawaf, R. K. K. & A. (1998). Executive EQ (Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi) Jakarta: Gramedia Pustaka.
Steven J. Stein dan Howard E. (n.d.). Book , The EQ Edge : Emotional Intelligence and Your Success, Ledakan EQ : 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, terjemahan Trinanda Rainy Januarsi dan Yudhi Murtanto.
Sugiharjo, R. J., & Aldata, F. (2018). Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Salemba. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 4(1), 128–137.
Syafrina, N. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.
Syah, M. (2021). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Vredenbergt J. (1984). Metode dan Tehnik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Wahyuni, D. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru Dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 2 Blitar. 29(November), 183–193.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Wongsopatty, E. (2020). Pantun sahur dalam sastra lisan Banda Neira. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 AkMen JURNAL ILMIAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.