PENGARUH PEMASARAN AFILIASI DAN ULASAN ONLINE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN
Keywords:
Affiliate marketing, purchase decision, Marketplace, Affiliator, Online Review, E-commerceAbstract
This study aims to determine the influence of affiliate marketing and online reviews on consumer purchasing decisions on the Shopee marketplace. A quantitative approach was employed using a survey method, in which data were collected through questionnaires distributed to 100 respondents who are active Shopee users. The data were analyzed using multiple linear regression to examine both the simultaneous and partial effects of the independent variables on the dependent variable. The results show that both affiliate marketing and online reviews have a positive and significant influence on purchasing decisions, both simultaneously and partially. These findings indicate that digital strategies through affiliate programs and online reviews are crucial factors in enhancing consumer purchasing decisions on e-commerce platforms.
References
Amanta, M. R. A. P., Susanto, J., Anggraini, V., Harvanny, K., Manogari, T. D., Irawati, F. D., & Sitinjak, M. A. (2025, February). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi" SainTek" (Vol. 2, No. 1, pp. 369-378).
Asia, N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Scarlett di Kabupaten Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 149-162.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital Pemasaran excellence: planning, optimizing and integrating online Pemasaran. Routledge.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. In Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 75).
Farahdiba, D. (2020). Konsep dan strategi komunikasi pemasaran: perubahan perilaku konsumen menuju era disrupsi. Jurnal ilmiah komunikasi makna, 8(1), 22-38.
Husnayetti, H., Ramadhanty, C. A., & Erion, E. (2023). Pemasaran Affiliates, Influencers, and Keputusan Pembelians of Shopaholic Users in Jakarta. Journal of Business and Management Studies, 5(1), 63–68.
Kurniawan, S. A., ST, M., Piter Tiong, S. E., Lely Afiati, S. E., SE, N. N. A., Sari, R. D., ... & Fattah, F. A. (2025). Perilaku Konsumen. MEGA PRESS NUSANTARA.
Maulida, I., Purwanto, H., & Apriyanti, A. (2022, October). Pengaruh Kepercayaan Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Milenial Kota Madiun). In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).
Nugroho, B. A., Pattiata, D. N., & Hellyani, C. A. (2024, September). Pengaruh Pemasaran Afiliasi Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus pada Tokopedia. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 4, pp. 109–118).
Nurhayati, S., Sarjita, S., & Cahyono, E. (2023). Pengaruh Rating Penilaian Dan Ulasan Online Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Penggunaan Toko Online Shopee. Prima Ekonomika, 14(1), 18-38.
Pramesti, A. N., & Abdillah, R. F. (2024, December). Dampak Rating dan Ulasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce. In Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta (Vol. 2, pp. 1480-1494).
Priyatin, A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Trust dan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 4(1), 60-73.
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siregar, D. A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Stambuk 2018 FEB UMA)
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 AkMen JURNAL ILMIAH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.