PENGARUH PEMASARAN AFILIASI DAN ULASAN ONLINE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN

https://doi.org/10.37476/akmen.v22i1.5148

Authors

  • Kimberly Chelsea Halim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar
  • Enrico Valeron Chandra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar
  • Miko Tristan Lie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar
  • muchtar muchtar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ciputra Makassar

Keywords:

Affiliate marketing, purchase decision, Marketplace, Affiliator, Online Review, E-commerce

Abstract

This study aims to determine the influence of affiliate marketing and online reviews on consumer purchasing decisions on the Shopee marketplace. A quantitative approach was employed using a survey method, in which data were collected through questionnaires distributed to 100 respondents who are active Shopee users. The data were analyzed using multiple linear regression to examine both the simultaneous and partial effects of the independent variables on the dependent variable. The results show that both affiliate marketing and online reviews have a positive and significant influence on purchasing decisions, both simultaneously and partially. These findings indicate that digital strategies through affiliate programs and online reviews are crucial factors in enhancing consumer purchasing decisions on e-commerce platforms.

References

Amanta, M. R. A. P., Susanto, J., Anggraini, V., Harvanny, K., Manogari, T. D., Irawati, F. D., & Sitinjak, M. A. (2025, February). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN DI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi" SainTek" (Vol. 2, No. 1, pp. 369-378).

Asia, N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Scarlett di Kabupaten Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 6(2), 149-162.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital Pemasaran excellence: planning, optimizing and integrating online Pemasaran. Routledge.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan demam berdarah. In Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 75).

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan strategi komunikasi pemasaran: perubahan perilaku konsumen menuju era disrupsi. Jurnal ilmiah komunikasi makna, 8(1), 22-38.

Husnayetti, H., Ramadhanty, C. A., & Erion, E. (2023). Pemasaran Affiliates, Influencers, and Keputusan Pembelians of Shopaholic Users in Jakarta. Journal of Business and Management Studies, 5(1), 63–68.

Kurniawan, S. A., ST, M., Piter Tiong, S. E., Lely Afiati, S. E., SE, N. N. A., Sari, R. D., ... & Fattah, F. A. (2025). Perilaku Konsumen. MEGA PRESS NUSANTARA.

Maulida, I., Purwanto, H., & Apriyanti, A. (2022, October). Pengaruh Kepercayaan Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Milenial Kota Madiun). In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 4).

Nugroho, B. A., Pattiata, D. N., & Hellyani, C. A. (2024, September). Pengaruh Pemasaran Afiliasi Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus pada Tokopedia. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 4, pp. 109–118).

Nurhayati, S., Sarjita, S., & Cahyono, E. (2023). Pengaruh Rating Penilaian Dan Ulasan Online Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Penggunaan Toko Online Shopee. Prima Ekonomika, 14(1), 18-38.

Pramesti, A. N., & Abdillah, R. F. (2024, December). Dampak Rating dan Ulasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce. In Prosiding Seminar Nasional Amikom Surakarta (Vol. 2, pp. 1480-1494).

Priyatin, A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Trust dan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS), 4(1), 60-73.

Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siregar, D. A. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Stambuk 2018 FEB UMA)

Published

2025-04-30

How to Cite

Chelsea Halim, K., Valeron Chandra, E., Tristan Lie, M., & muchtar, muchtar. (2025). PENGARUH PEMASARAN AFILIASI DAN ULASAN ONLINE DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN. AkMen JURNAL ILMIAH, 22(1), 26–36. https://doi.org/10.37476/akmen.v22i1.5148