ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JAGUNG KUNING DI KECAMATAN BONTOLEMPANGAN KABUPATEN GOWA
Keywords:
Efficiency, Maize Marketing, Institute MarketingAbstract
Problems which wish checked by is how big storey; level of efficiency of maize marketing yellow pursuant to to the number of marketing institute in concerned in Subdistrict of Bontolempangan of Regency Gowa, while target which wish reached in this research is to know the level of storey level of efficiency of maize marketing yellow in Subdistrict of Bontolempangan of Regency Gowa. As for hypothesis that is anticipated by that marketing efficiency of at every marketing institute show the difference Awaking analysis which have been conducted by researcher got by that most efficient marketing channel of marketing expense is channel of III assess 6,84 %, at this marketing channel is direct retailer buy at farmer. Channel II assess the its marketing expense efficiency equal to 9,31 % caused by some marketing institute in concerned, that way also at channel of marketing I with the value of efficiency of marketing expense 12,35
References
Downey, D.W. and Erickson. S.P. 1987, Manajemen Agribisnis. Edisi kedua, Terjemahan oleh Rochidayat Ganda. S. dan Alfonsus Sirait 2004. Erlangga. Jakarta;
Erickson, S.P. Akridge, J.T., Bamart F.L., and Downey. DW. 2002. Agribusiness Management. Mcgrow-will. New York
Gumbira, I.S. 2000. Managemen Agribisnis. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Gumbira-Said E. dan Intan. A.H.2004. Manajemen Agribisnis. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Purnamaningrum. 2000. Pengantar Ekonomi Mikro. LPFE Trisaksi, Jakarta
Purwono dan Hartono, 2005. Bertanam Jagung Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta.
Saragih. B. 2001. Kumpulan Pemikir Agribisnis Paradigma Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Pustaka Wirausaha Ruda, PT. Logi Griya, Bogor.
Soekartawi, 2001. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. Hasil-Hasil Pertanian (Teori dan Aplikasinya). Cetakan Ketiga. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Published
How to Cite
Issue
Section
Penulis yang menerbitkan pada Jurnal Ilmiah AkMen menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak Jurnal Ilmiah AkMen untuk publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi (menyalin dan mendistribusikan kembali materi dalam media atau format apa pun) dan beradaptasi (mencampur) , mentransformasikan, dan membangun di atas bahan) karya untuk tujuan apa pun,
- Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal, yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Ilmiah AkMen
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.