PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA (Studi pada Universitas Muslim Maros)

Authors

Keywords:

Organizational Culture, Leadership, Service Quality

Abstract

The purpose of this study was to analyze the influence of organizational culture and leadership on the quality of student services at Maros Muslim University. The research was conducted at the Faculty of Economics and Business, the Faculty of Agriculture, Animal Husbandry and Forestry, and the Faculty of Teacher Training and Education at the Muslim University of Maros. Types and sources of data used are primary and secondary data. Data collection techniques are the main data collectors namely questionnaires. The population of this study is students in semester 6 (Six) 2018/2019 Academic Year in the three faculties. Student samples were taken proportionally in each of the three faculties by the proportional random sampling method. The analysis used is quantitative data analysis and multiple regression using a Likert scale. The results showed that organizational culture and leadership together had a significant effect on service quality.

References

Agusriadi, 2016. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai pada Kantor Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang. Artikel. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Almaududi, S., 2015. Analisis Pengaruh Praktik-praktik Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 15 (2) : 108 - 114.

Bangun, W., 2008. Budaya Organisasi: Dampaknya pada Peningkatan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Manajemen 8 (1) : 38 - 49.

Bulkia, S., 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen. 2 (1) : 49 - 58.

Enoh, M., 2006. Pengaruh Kepemimpinan Dosen, Kualitas Layanan Akademik, dan Kualitas Layanan Administratif Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 13 (2) : 113 - 121.

Hati, SW., 2013. Pengaruh Kepemimpinan dan Kinerja Dosen Terhadap Mutu Pelayanan di Politeknik Negeri Batam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. 9 (2) : 1 - 21.

Hidayat, M., & Latief, F. (2018). THE INFLUENCE OF DEVELOPING HUMAN CAPITAL MANAGEMENT TOWARD COMPANY PERFORMANCE (THE EVIDENCE FROM DEVELOPER COMPANIES IN SOUTH SULAWESI INDONESIA). SEIKO: Journal of Management & Business, 2(1), 11-30.

Hikmawati, 2017. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Ikhsan, A., 2016. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Dosen pada Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 2 (1) : 17 - 35.

Indriany, Y., 2016. Pengaruh Budaya Organisasi dan Etos Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Mahasiswa. Jurnal Bijak. XIII (02). 165 - 186.

Kojoh, FF., dan Paputungan, R., 2014. Peran Pimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal Acta Diurna. III (2) : 1 - 16.

Kusumawardani, L., 2010. Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Bisma : Jurnal Bisnis dan Manajemen. 2 (2) : 159 - 166.

Olivianti, B., dan Kolopaking, LM., 2015. Hubungan Gaya Kepemimpinan Lurah dengan Kualitas Pelayanan Kelurahan (Studi di Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan). Sodality : Jurnal Sosiologi Pedesaan. 02 (03) : 135 - 145.

Pinatih, IGBA., dan Gorda, AANES., 2017. Gaya Kepemimpinan, Beban Kerja, Stres Kerja, Teknologi Informasi, dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. 2 (2) : 298 - 310.

Radiany, HMR., 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PTS Di Kalimantan Selatan. Jurnal Ekuitas. 9 (3) : 307 - 323.

Rahareng, VJ., dan Relawan, N., 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). Jurnal AdBispreneur. 2 (2) : 125 - 133.

Ramadhan, P., dan Fachruddin, R., 2017. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA). 2 (4) : 1 - 16.

Razak, Y., Syah, D., dan Azis Hsb, A., 2016. Kepemimpinan, Kinerja Dosen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. TANZIM : Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan. 1 (2) : 30 - 44.

Safiuddin dan Sunarsih, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Az Zarqa’. 8 (2) : 175 - 217.

Sihombing, EE., dan S., Marlon, 2014. Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Kerja untuk Menciptakan Kinerja Organisasi (Studi pada Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan). Jurnal Administrasi Publik. 2 (2) : 146 - 158.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV. Alfabeta Bandung.

Sumria, Muhammadiyah, dan Malik, I., 2018. Pengaruh Budaya Organiasi Terhadap Kualitas Pelayanan PDAM Tirta Masserempulu Di Kabupaten Enrekang. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik. 4 (3) : 366 - 380.

Suprobowati, D., dan Andiyani, DP., 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 9 (2) : 100 - 109.

Trisnowati, J., 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 14 (2) : 222 - 229.

Yasin, M., Azwar, dan Zain, F., 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Suportif terhadap Kualitas Jasa Pelayanan Mahasiswa di Jurusan Administrasi Bisnis. Jurnal Epigram. 12 (2) : 111 - 117.

Published

2020-06-30

How to Cite

Chair, U. (2020). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA (Studi pada Universitas Muslim Maros). AkMen JURNAL ILMIAH, 17(2), 281–290. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/877