PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN ULUBONGKO, KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Authors

  • Nurmila Alfiah ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Ahmad Firman ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Muhammad Hidayat ITB Nobel Indonesia Makassar

Keywords:

Pedagogic competence, motivation, infrastructure, teacherperformance

Abstract

This study aims to determine (1) the relationship between pedagogical competence, infrastructure, and teaching motivation toward teacher performance (2) the most dominant variable that affects teacher performance in Ulubongko District.

Determination of the sample using purposive sampling to obtain as many as 56 respondents from seven elementary schools. Data collection using a questionnaire instrument. The data obtained from the questionnaire has qualified the data quality test (validity and reliability) as well as classical assumptions (normality, heteroscedasticity, multicollinearity) so that it can be used to test hypotheses with multiple linear regression models.

The results show that (1) pedagogical competence, infrastructure, and teaching motivation have a positive and significant effect partially (tcount> ttable; p <0.05) and simultaneously (Fcount> Ftable; p <0.05) (2) motivation Teaching is the most dominant variable affects teacher performance with the highest value 49.82%, while other variables are Pedagogic Competence (32.91%), and Infrastructure (14.21%).

References

Ardiana, T. Eka. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(2): 14-23.

Arsyad, M., Firman, A., & Abdi, A. R. (2021). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA UPT SMP NEGERI SE KECAMATAN BUKI DI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal
Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(5), 765-774.

Azmi, Fachruddin, S. Halimah, N. Pohan. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. AT-TAZAKKI, 1(1): 15 – 28.

Azzahra., A. Fatimah. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMA Plus Al-Kautsar Blimbing Malang. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Badan Pusat Statistik. (2017). Kabupaten Tojo Una-Una dalam Angka. Tojo Una-Una.
BPS.

Clewes, D. (2003). A Student-Centered Conceptual Model of Service Quality in Higher Education. Quality in Higher Education, 9(1) : 69-85.

Djamarah, Syaiful. (2011). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta.
Rineka Cipta.

Elfrida, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru dan Impelementasi Kurikulum Asing terhadap Kinerja guru di Sekolah Internasional Jakarta Utara. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 4 (1): 53-67.

Fahmi, Irham. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. Alfabeta.

Fattah, Nanang. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

George, Jennifer, M., Jones, Gareth, R. (2012). Understanding and Managing Organizational Behavior, 6th Edition. New Jersey. Pearson Education.

Hansyah, H. A., Firman, A., & Sjarlis, S. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik, Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru Smp Negeri 6 Kalukku Kabupaten Mamuju. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 1(2), 200-208.

Haruna, H., dan Sitti, Marlina. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Beajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 5 Bone. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo. 4 (1): 68-82.
Hasibuan, Malayu. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara. Jumadi, P., Firman, A., & Alam, S. (2022). PENGARUH KOMPETENSI
PROFESIONAL, FASILITAS, BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI II MAROWO KABUPATEN TOJA UNA-UNA. Ezenza Journal (EJ), 1(1), 26-36.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Permendikbud nomor 64 tahun 2013 tentang.

Kurniasari, Lia. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja karyawan Pada PO. Sumber Rejeki Pacitan. Skripsi. Ponorogo. Unismuh Ponorogo.

Mangkunegara, A.P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung.
Rosdakarya Aditama.

Marwansyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Bandung.
Alfabeta.

Meylani., dan Ramlawati. (2017). Pengaruh Kompetensi, Fasilitas, dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Kolaka. e-Jurnal STIE Nobel
: 596-610.

Moehriono. (2012). Pengukur Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2019). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. Rosdakarya. Nasyirwan. (2015). Pencapaian 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan oleh Kepala
Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Manajer Pendidikan, 9(6): 724 – 736.

Nurjan, Syarifan. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo. Wade.

OECD. (2016). PISA 2015 Results Vol. 1 : Excellence and equity in education. Paris.
OECD Pulishing.

Pratiwi, Niken. (2017). Implementasi Standar Isi di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Priyono., dan Marnis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo. Zifatama. Rahmawati, Desa., dan A.D. Anggraini. (2017). Evaluasi Program Kurikulum
Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Kompetensi Lulusan di SDN Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 5(1) : 35
– 50.

Raharjo, S.B., L. Yuliana., dan Y.H. Yudha. (2018). Capaian Standar Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2): 129 – 140.

Rahmatika., H. Rizqia. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar (APK) Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama pada Masyarakat Pesisir di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Tahun 2015. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, D., dan Arlyta, D. A. (2017). Evaluasi Program Kurikulum Berdasarkan Standar Isi, Standar Proses dan Standar Kompetensi Lulusan Di SDN Pisangan Timur 10 Pagi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 5 (1): 35-51.

Riyadi, Slamet, A. Mulyapradana. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 13: 106 – 117.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung. Refika Aditama.

Sulistiyani, A.T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia : Pendekatan Teori dan Praktik untuk Organisasi Publik. Yogyakarta. Gava Media.

Sagala, Syaiful. (2011). Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan.
Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta. Kencana Prenada.

Saraswati, N.M.V. (2017). Budaya Literasi dan Kematangan Berdemokrasi. Jakarta.
Media Indonesia Group.

Sayidah, Umu. B. Suyadi., dan M. Ani. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Ekonommi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 12(2): 185 – 191.

Sedarmayanti. (2014). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta. Mandar Maju.

Silka. (2017). Implementasi Standar Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika pada SMA se-Kabupaten Toraja Utara. Jurnal KIP, 6(2) : 1549 – 1553.

Simarmata., R. Herawati. (2014). Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1) : 654-660.

Sobarningsih, N., Hamdan, S., dan Rikrik, N. (2019). Analisis Impelementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matermatika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 67-84.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Sunhaji. (2014). Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi Guru). Jurnal Kependidikan, 2(1): 142 – 160.

Sunyoto, Danang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. CAPS. Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2011). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Undang Undang Negara Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang Undang Negara Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uno, H.B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan.
Jakarta. Bumi Aksara.

Zainal., V. Rivai, dkk. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori ke Praktik. Jakarta. Raja Grafindo Perkasa.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Alfiah, N., Firman, A., & Hidayat, M. (2023). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SARANA PRASARANA, DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI KECAMATAN ULUBONGKO, KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Cendekia Akademika Indonesia (CAI), 2(2), 167–182. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai/article/view/3685