PENGARUH KOMPETENSI, DISIPLIN KERJA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN APARAT PEMERINTAH DESA ATAS LAYANAN PEGAWAI
Keywords:
Competence, Discipline, Service Quality, SatisfactionAbstract
This study aims to determine the effect of competence, work discipline, and quality of service on the satisfaction of village government officials with employee services in Nuha District, East Luwu Regency. Quantitative research approach, the data used are primary data and secondary data, data collection methods using questionnaires, and data analysis with multiple linear regression. The results show that (1) The Competence has no significant effect on the satisfaction of village government officials with employee services in Nuha District. 2)The Work discipline has a significant effect on the satisfaction of village government officials with employee services in the Nuha District. 3) The Quality of service has a significant effect on the satisfaction of village government officials with employee services in the Nuha District. 4) The Competence, work discipline, and quality of service simultaneously have a significant effect on the satisfaction of village government officials with employee services in Nuha District.
References
Agustini, Faizah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Lanjutan. Medan. Madenatera.
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. Center for Academic Publising Servive.
Alimbudiono, Ria, Sandra., & Fidelis, Arstyo, A. (2004). Kesiapan Sumber Daya Manusia Sub Bagian Akuntansi Pemerintah Daerah “XYZ” dan Kaitannya Dengan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kepada Masyarakat: Renungan Bagi Akuntan Pendidik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Sektor Publik. Vol. 05 No. 02.
Altonie, Hygia., dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan. Jurnal JPIPS.
Anggoro, M. Toha. (2008). Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.
A. Parasuraman, et. al. (1991). Marketing Service: Competing Through Quality. New York. The Free Press.
Apriyanti, Resti. (2022). Pengaruh Kinerja, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kecamatan Kalideres. Journal of Young Entrepreneurs, Vol. 1, No. 1.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam mengunkan jasa hotel Rizen Kedaton Bogor. 1(2), 83–101.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
A. S. Hornby. (2000). Oxford Advanced Learner's Dictionary. Oxford University Press.
Devialesti, Veni. (2018). Pengaruh Lingkungan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Layanan Di Kantor Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Ilmuj Manajemen Saburai, Vol. 4, No. 1.
Dewi, Ana, Solekhati., & Muhsin. (2019). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Kinerja, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal. EEAJ 8(3).
Echdar, Saban. (2017). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Cet 1. Bogor. Ghalia Indonesia.
Edison, Emron., et. al. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung. Alfabeta.
Fattah, Ince, Abdul., dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, Volume 2 Nomor 5.
Febrianti, N. P., & Pramusinto, H. (2015). Pengaruh Disipli Kerja, Kompetensi Pegaawai, Dan Fasilitas Belajar terhadap Kualitas Pelayanan Sub Bagian Tata Pemerintahan Pada Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Di Kantor Kecamtaan Mirit Kabupaten Kebumen.Economic Education Analysis Jurnal, 4(1).
Fauzi, A., Latief, F., & Bahasoan, S. (2023). PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH KOTA MAKASSAR. Jurnal Manuver: Akuntansi dan Manajemen, 1(1), 1-14.
Gronroos, C. (1988). Service Quality: The Six Criteria of Good Perceived Service Quality. Review of Business. Journal of Service Management, Volume 9, 10-13.
Handoko, T. Hani., dan Sukanto, Roksohadiprodjo. (2008). Organisasi Perusahaan Teori, Struktur, dan Perilaku. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.
Hermawati. (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor UPT Pendapatan Wilayah Makassar 01 Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan. Volume 3 No. 1.
Hutapea, Parulian., dan Nurianna, Thoha. (2008). Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Penerbit. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Indriantoro, Nur., dan Bambang, Supomo. (1999). Metodologi Penelitian dan Bisnis. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.
Kanina, A. S. (2020). Saudi Car Dealerships’ Service Quality, Customer Satisfaction, and Behavioral Intentions: A Quantitative Correlational Study.
Karlina, Eulin., dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplin Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Jurnal Sekretaris dan Manajemen. Volume 3 No. 1.
Kasmir. (2017). Customer Services Exellent Teori dan Praktik. In 1 (Ed.), PT Rajagrafindo Persada.
Kotler, Philip., dan Kevin, Lane, Keller. (2018). Marketing Management (13th Ed.). Pearson.
Kurniasari, Riyanti, RA. & Oktarina, Nina. (2020). Pengaruh Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja, dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan. Business and Accounting Education Journal. BAEJ 1 (3).
Likert, Rensis. (1932). A Technique for the Measurement of Attitudes, Archives of pshychology.
Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan, Remaja Rosdakarya. Bandung.
Mangkunegara, A. P., dan Octored, T. R. (2015). Effect Of Work Discipline, Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Organizational Commitment In The Company (Case Study In PT. Dada Indonesia). Universal Journal Of Management, Vol 3 Issue 8 : 318-328.
Mardiani, Nimas, Niken., dkk. (2018). Pengaruh Kompetensi Karyawan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal FIPA. Madiun.
Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Edisi ketiga. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.
Nguyen., et. al. (2014). The relationship between service quality and Customs loyalty in specialty supermarkets: Empirical evidence in Vietnam. International Journal of Business and Economics Research. Vol. 3, No. 5, pp. 178- 186.
Nguyen, T.T.N. (2020). Developing and validating five-construct model of customer satisfaction in beauty and cosmetic E-commerce, Heliyon, 6(9), hal. E04887.
Priyatno, Duwi. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta. Andi Offset.
Rivai, Veithzal., dan Sagala, Ella. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta. Rajawali Pers.
Safitri, D. N., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kantor, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 120-130.
Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik; Teori Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Jakarta. Bumi Aksara.
Setiadi, Nugroho, J. (2013). Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2016). Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Sutrisno, Edy. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada.
Tjiptono, F. (2014). Cervice Manajemen Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2015). Pelanggan Puas? Tidak Cukup!. Yogyakarta. ANDI.
Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality And Satisfaction. Cv Andi Offset. Yogyakarta.
Yusmadi. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta-14240.
Zakiyah, Nuratun., & Wahyono. (2020). Peran Kualitas Pelayanan dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal. Volume 9 Nomor 3.