PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Yusuf Yusuf Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Syamsul Alam Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ririn Oktaviani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Perijinan Terhdap Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangkep. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di DPMPTSP Kabupaten Pangkep, populasi pada penelitian ini semua masyarakat yang datang mengajukan perizinan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2021 sebanyak 626 pemohon. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang datang ke DPMPTSP untuk mengajukan perizinan sebanyak 86 orang. Metode dalam pengumpulan data ini dengan menggunakan kuisioner dan diolah dengan menggunakan SPSS.

Berdasarkan hasil analisa data kualitas pelayanan (0,000) secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di DPMPTSP Kabupaten Pangkep. Kualitas pelayanan perijinan secara dominan (60,5%) berpengaruh signifikan pada kualitas pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu PintuKabupaten Pangkep.

References

Anggriani, A. R. (2017). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel Samsung. [Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Baridwan, Z. (2010). Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi 5. Yogyakarta: BPPE.

Campbell. (1989). Riset dalam Efektifitas Organisasi. Terjemahan Sahat.

Fitriany, F. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sucofindo, Tbk Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v4i2.515

Gaspersz, V. (2010). All-In-One Integrated Total Quality Talent Management. Jakarta: PT Percetakan DKU.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, M, S. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hoffman., & Bateson. (1997). Service Marketing, International Edition 4e. Colorado State University: Cengage Learning.

Japami, W., & Eriyanti, F. (2019). Efektivitas Pelayanan Keliling Terhadap Kepuasan Pelanggan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Datar. Jurnal ilmu administrasi publik, 2(1), 75-85.

Jogiyanto, H. M. (2010). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manullang, M. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPUE.

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyadi. (2015). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Rahayu, S. R., Latief, F., & Asbara, N. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Layanan Indihome Di Makassar. Nobel Management Review, 2(3), 370-380.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Humas & Komunikasi Konsepsi & Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sinambela, L. (2014). Reformasi Pelayanan Publik (Teori, kebijakan dan implementasi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: R & D.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2015). Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yusuf, Y., Alam, S., & Oktaviani, A. R. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN PANGKEP. Cendekia Akademika Indonesia (CAI), 4(1), 36–45. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai/article/view/4640