PENGARUH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KUALITAS PELAYANAN DAN EFEKTIVITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN

Authors

  • Inriyatir Inriyatir Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Salim S Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asri Asri Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

SIAK, Kualitas Pelayanan, Efektivitas Kerja, Kinerja

Abstract

Desain penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Lokasi penelitian pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.  Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah meliputi seluruh pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan berjumlah 70 pegawai. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), yaitu menentukan seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 70 orang pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) SIAK berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai pada pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai pada pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, 3) Efektivitas kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai pada pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, 4) SIAK, kualitas pelayanan dan efektivitas kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pegawai pada pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dan 5) Kualitas pelayanan berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai pada pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

References

Adyas, D., & Anggeraiyanti, L. D. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Jurnal Riset Bisnis, 1(2), 107–117.

Arikunto, S. (2013a). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2021). Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Dalam Angka. Kabupaten Pangkajene: Badan Pusat Statistik.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Daryanto, & Setyabudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Firman, A. (2025). Penciptaan Nilai Organisasi: Perspektif Dan Strategi Untuk Keberlanjutan. Makassar: Nobel Press.

Idris, M. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi Dan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Jeneponto. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i2.3140

Irawanto., & Rahmatullah. (2012). Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Al-’Ulum, 54(4), 1–10.

Ivancevich, J. M. (2015). Organisasi dan Manajemen: Perilaku Struktur. Jakarta: Erlangga.

Jai, S. A., Setyawan, D., & Adiwijaya, I. (2016). Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(1), 2442–6962.

Jogiyanto, H. (2015). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Nelson. (2020). Pengaruh Efektifitas Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Bandar Lampung. Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 5(01), 29–36.

Parontong, O. M., Rares, J. J., & Posumah, J. H. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(96), 1–8.

Pramusianto, A., & Purwanto, E. A. (2009). Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Purwatiningsih. (2015). Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Karyawan Amik Cipta Darma Surakarta. Amaong Makarti, 8(15), 78–84.

Ramli, M. (2013). Manajemen Pelayan Publik Berbasis Kemanusiaan. Makassar: Alauddin University Press.

Rusli, S. (2012). Pengantar Ilmu Kependudukan. Jakarta: LP3ES.

Sudiadnyane. (2018). Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 4(60).

Suhartini, E. (2012). Kualitas Pelayanan Kaitanya dengan Kepuasan Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.

Sunyoto, D. (2014). Sistem Informasi Manajamen: Perspektif Organsisasi. Jakarta: PT. Buku Seru (CAPS).

Terry, G. R. (2010). Princes of Management. McGraww: Hill Book, Inc.

Wirawan. (2010). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia,Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Inriyatir, I., S, S., & Asri, A. (2025). PENGARUH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KUALITAS PELAYANAN DAN EFEKTIVITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Cendekia Akademika Indonesia (CAI), 4(1), 46–56. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai/article/view/4652