PENGARUH MOTIVASI WIRAUSAHA, INOVASI PROSES, DAN LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP KINERJA BISNIS KULINER DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Fitrayani Fitrayani Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Anshar Daud Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis motivasi wirausaha, inovasi proses dan lingkungan bisnis terhadap kinerja bisnis pada usaha kuliner aneka kue dan roti yang memiliki usaha di kota Makassar. Populasi dalam penelitian seluruh obyek yakni bisnis kuliner aneka kue dan roti yang menjalankan bisnis di Kota Makassar. Jumlah sampel adalah 76 orang pemilik usaha aneka kue dan roti dengan teknik pengambilan sampel jenuh yakni dengan membagikan kuesioner kepada masyarakat dan media sosial dan siapa saja yang mengisi kuesioner yang memiliki usaha di kota Makassar menjadi sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi wirausaha, inovasi proses dan lingkungan bisnis masing-masing berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis pada usaha kuliner aneka kue dan roti yang menjalankan usaha di kota Makassar.

References

Ade, Muhammad, Alimul, Basar. (2015). “Peranan Bisnis Kecil Menengah (UKM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Cireureum Kabupaten Kuningan”, (Disertai: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Hamka, Sukmawati, Marjuni., Chahyono. (2021). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keberlangsungan Bisnis Melalui Pelaku Bisnis Industri Pengolahan Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Maros. Jurnal Vol. 4. No.1. 2021, Indonesian Journal of Business and Management,

Rita, Indah, Mustikowati., Irma, Tysari. (2014). Orientasi kewirausahaan, Inovasi, Dan strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perbisnisan(Studi pada UKM sentra kabupaten malang). jurnal Modernisasi, Volume 10, Nomor 1, Februari 2014.

Roni, Herison., Romansyah, Sahabuddin., Muh. Azis. (2022). Kemampuan Kreativitas Dan Motivasi Kerja Pengaruhnya Terhadap Komitmen Wirausaha Dan Kinerja Bisnis Industri Makanan Khas Pada Bisnis Kecil Menengah di Kota Makassa. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-61. Vol. 4 No. 1, Desember 2022. UniversitasNegeri Makassar

Septian, Wahyudi. (2019). Teori Inovasi: Sebuah Tinjauan Pustaka. Jurnal Valuta Vol. 5 No 2, Oktober 2019 ISSN : 2502-1419.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Wahyudiati, D., & Isroah, I. (2018). Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (Sdm) Terhadap Kinerja Bisnis Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Kasongan. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(2).

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2007). Strategic Management. Yogyakarta: ANDI.

Yuyus, Suryana., dan Kartib, Bayu. (2013). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Zimmer., Thomas, W. Norman, Scharborough. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-09-06