PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS LAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS CV TAPADA KOTA MAKASSAR)
Keywords:
Digital Marketing, Kualitas layanan, Citra Merek, Kepuasan PelangganAbstract
Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus CV Tapada Makassar). Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan membuktikan pengaruh digital marketing kualitas layanan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan CV Tapada Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan CV Tapada yang terdiri dari 70 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh dimana seluruh populasi dalam penelitian ini sebagai sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Digital Marketing tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. 2) Kualitas Layanan memiliki berpengaruh parsial signifikan secara positif terhadap kepuasan pelanggan. 3) Citra Merek memiliki pengaruh parsial signifikan secara positif terhadap kepuasan pelanggan. 4) Digital Marketing tidak berpengaruh positif, dan kualitas layanan dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan.
References
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504. https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246
Ardi, W. K., Salam, R., Alfaruk, M. H., & Agung, I. W. P. (2021). Penerapan Lean Canvas Pada Startup Pembelajaran Bahasa Inggris Lunchat. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(2a), 74–79. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i2a.171
Astuti, W. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Peserta Didik Melanjutkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi (Penelitian pada peserta didik kelas XI IPS SMA PGRI 1 Bandung). Suparyanto Dan Rosad 2015, 5(3), 248–253.
Budiarto, I. F. (2021). Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Ayam Geprek Kang Ewok Bondowoso). Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Daeli, A., Manao, A., & Zagoto, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Sukaria Makmur Di Telukdalam. Jurnal Ilmiah Universitas Nias Raya, 4(1), 40–52. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/275
Diana, S., Syahril, A., Anggreni, D., & Wari, F. E. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien. Journal of Telenursing (JOTING), 5(2), 3266–3272. https://doi.org/10.31539/joting.v5i2.7710
Indah Yani, M., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Edwin Jeans Indonesia Pada E-Commerce Shopee. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang EkonomiDan Akuntansi, 1(3), 443–472. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.285
Karza, A., Hidayat, M., & Firman, A. (2024). Efektifitas Kualitas Pelayanan, After-Sales Services Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus PT. Toyota Hadji Kalla). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4844
Khoirunnisa, D., & Riva’i, A. R. (2023). Digital Marketing, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 202–215. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5316 Kosanke, R. M. (2020). Kepuasan Pelanggan. Kepuasan Pelangg., 12.
Kurniasih, A., & Yuliaty, F. (2022). Pemasaran Digital dan Citra Merek Untuk Meningkatkan Konsumen Minat Pembelian. Jurnal inspirasi ilmu manajemen, 06(01), 21–29.
Kusuma, W., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1174–1180.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.
Latief, F., Suriyanti, S., Amin, A., Mahmud, A., Firman, A., & Dirwan, D. (2024). Ease and Risk Perception: Interest in Using Sharia Digital Payments, and the Users' Attitude Consequences. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 11(2), 341-356.
Mabrur, A. K., Anwar, & Ruma, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. Jurnalbisnis,Manajemen,Dan Informatika (JBMI), 19(2), 143–159. https://doi.org/10.26487/jbmi.v19i1.23514
Milligan, S. B. & A. (2022). On Branding: Dampak Digital Terhadap Merek. Bhuana Ilmu Populer.
Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Undang-undang No.15 Tahun 2001 tentang Merek. Sekretariat Negara, 62. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37599/uu- no-15-tahun-2001
Rachim, F. A., Yantih, N., & Masri, I. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen yang Berdampak Pada Loyalitas (Studi Kasus Pada Klinik Kecantikan X di Cikarang). MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3(11), 3805–3822. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11361.
Razak, M., Hazriani, H., & Firman, A. (2025). Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata Desa Pancana Kabupaten Barru Dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata Melalui Penerapan Tata Kelola Dan Promosi Berbasis Digital. Nobel Community Services Journal, 5(1), 01-08.
Riadi, M., Kamase, J., & Mapparenta, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin). Journal of Management Science (JMS), 2(1), 41–60. https://doi.org/10.52103/jms.v2i1.320
Suri, H., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pippo Italian Senayan Restaurant. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13485–13493.
Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i2.42
Yani, M. I., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Edwin Jeans Indonesia Pada E-Commerce Shopee. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 443-472.
Yulianto, A. R. (2018). Tinjauan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan. Jurnal Ekonomi, 20(2).