ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN ASPIRASI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PINRANG

https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3080

Authors

  • Ramli Ramli Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia
  • Nurdin Brasit Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia
  • Asri Asri Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia

Keywords:

kemampuan aparat, prosedur pelayanan, sarana dan prasarana, DPRD Pinrang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan aspirasi pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian bersifat eksplanatif asosiatif. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Pinrang. Populasi adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang. Sampel diperoleh dengan teknik sensus yaitu mengambil keseluruhan populasi yang berjumlah 50 orang pegawai. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi untuk mengetahui deskripsi dan pengaruh antar variabel. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu kemampuan aparat (X1), prosedur pelayanan (X2), serta sarana dan prasarana (X3) sedangkan variabel terikat yaitu efektivitas pelayanan (Y).

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kemampuan aparat, prosedur pelayanan, serta sarana dan prasarana terhadap efektivitas pelayanan pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang. Hasil analisis regresi memperlihatkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yaitu: kemampuan aparat (X1), prosedur layanan (X2), serta sarana dan prasarana (X3) dengan variabel terikat yaitu: efektivitas pelayanan (Y). Pengaruh terbesar terjadi pada variabel  kemampuan aparat (X1) yaitu 46,7%, disusul variabel prosedur pelayanan (X2) sebesar 33,8%, dan yang terkecil yaitu variabel sarana dan prasarana (X3) sebesar 21,8%. Secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kemampuan aparat, prosedur pelayanan, serta sarana dan prasarana terhadap efektivitas pelayanan pada Sekretariat DPRD Kabupaten Pinrang sebesar 62,8% sedangkan sisanya sebesar 37,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi objek penelitian.

References

Amin, M. S. (2022). Organizational Commitment, Competence on Job Satisfaction and Lecturer Performance: Social Learning Theory Approach. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 40-56.
Basalamah, M. S. A., & As’ad, A. (2021). The Role of Work Motivation and Work Environment in Improving Job Satisfaction. Golden Ratio of Human Resource Management, 1 (2), 94-103.
Botutihe, N., 2017. Analisis Efektivitas Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Aloe Saboe Provinsi Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(1), pp.1-12.
Hajiali, I., Kessi, A. M. F., Budiandriani, B., Prihatin, E., & Sufri, M. M. (2022). Determination of Work Motivation, Leadership Style, Employee Competence on Job Satisfaction and Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 57-69.
Hajiali, I., Kessi, A. M. F., Budiandriani, B., Prihatin, E., & Sufri, M. (2022). The Effect of Supervision, Compensation, Character on Work Discipline. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 70-85.
Handoko, Hani (2014), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka
Heslina, H., & Syahruni, A. (2021). The influence of information technology, human resources competency and employee engagement on performance of employees. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(1), 01-12.
Ivan Permadi, 2016, Pelayanan Dengan Model Lingkaran Pelayanan. Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Jatinangor.
Jumady, E., & Lilla, L. (2021). Antecedent and Consequence the Human Resources Management Factors on Civil Servant Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1 (2), 104-116.
Kandula, S. R. (2013). Competency-Based Human Resource Management. Delhi: PHI Learning Private Limited.
Kessi, A. M. P., Suwardi, W. Z., Mukhtar, A., Asmawiyah, A., & AR, D. P. (2022). Islamic Leadership, Emotional Intelligence, and Spiritual Intelligence on Passion of Work and Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 15-26.’
Mansyur, S., 2013. Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Perspektif Konsep Administrasi Publik. Academica, 5(1).
Mawardi, M. C. (2022). Alternative Work Arrangements, Work Environment, and Job Stress on Job Satisfaction and Turnover Intention. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 27-39.
Megawaty, M., Hamdat, A., & Aida, N. (2022). Examining Linkage Leadership Style, Employee Commitment, Work Motivation, Work Climate on Satisfaction and Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 01-14.
Moenir, (2014), Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta, Haji Masagung
Mulang, H. (2021). The Effect of Competences, Work Motivation, Learning Environment on Human Resource Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1 (2), 84–93.
Mulang, H. (2022). Analysis of The Effect of Organizational Justice, Worklife Balance on Employee Engagement and Turnover Intention. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 86-97.
Nisjar, K. dan Winardi. (1997). Manajemen Strategik. Bandung: CV Mandar Maju
Notoatmodjo, Sukidjo (2011), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Rineka Cipta.
Nurlina, N. (2022). Examining Linkage Between Transactional Leadership, Organizational Culture, Commitment and Compensation on Work Satisfaction and Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 108-122.
Saputra, S.D., Afifuddin, A. and Widodo, R., 2019. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di kecamatan Kepanjen Kidul. Respon Publik, 13(2), pp.38-44.
Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendi, 2013. Metode Penelitian Survei, Pustaka. LP3ES Indonesia, Jakarta.
Sitorus, D. S., Putri, A. A., Hidayat, P. R., & Rostina, C. F. (2021). The Influence of Selection, Motivation and Utilization of Information System Academic for Lecturer (SIAD) on the Lecturer Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 61-71.
Susanto, Y., & Rambano, D. (2022). The Role of HRM Factors in Improving Performance Analysis of Local Government Financial Reports. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 98-107.
Yusuf, M. dan Banga, W., 2019. Identifikasi Kemampuan Kerja Aparat dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kecamatan Abeli Kota Kendari). Journal Publicuho, 2(1), pp.38-50.

Published

2022-10-19

How to Cite

Ramli, R., Brasit, N., & Asri, A. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN ASPIRASI PADA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN PINRANG. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 42–51. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3080