ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMERINTAH KELURAHAN DI KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG

https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3081

Authors

  • Fauziah Fauziah Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia

Keywords:

Kemampuan, Sarana Prasarana, Motivasi, Kepemimpinan Dan Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh kemampuan aparat, sarana prasarana, motivasi aparat dan kepemimpinan lurah secara sendiri-sendiri terhadap kualitas pelayanan administrasi pemerintahan kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, dan 2) pengaruh  kemampuan aparat, sarana prasarana, motivasi aparat dan kepemimpinan lurah secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan administrasi pemerintahan kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Penelitian dilaksanakan pada Kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, dengan lama penelitian selama 2 (duaa) bulan yaitu bulan Oktober sampai November 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah aparat kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang yang tersebar di 9 Kelurahan dengan jumlah aparat kelurahan sebanyak 82 orang. Sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), dimana semua populasi dijadikan sampel sebanyak 82 orang aparat kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Dalam penelitian ini digunakan model analisis regresi linear berganda (Multiple Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh  kemampuan aparat, sarana prasarana, motivasi aparat dan kepemimpinan lurah secara sendiri-sendiri terhadap kualitas pelayanan administrasi pemerintahan kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, dan 2) Terdapat pengaruh  kemampuan aparat, sarana prasarana, motivasi aparat dan kepemimpinan lurah secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan administrasi pemerintahan kelurahan di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang.

References

Arif, Djaenar, 2012. Efektifitas Organisasi Kerja. Penerbit : Rajawali Press, Jakarta.
Bashaw, Edward and Grant, Stephen, 2004, “Exploring The Distinctive Nature Of Work Commitments : Their relationship With Personal Characteristic, Job Performance and Propensity To Leave”, Journal Of Personal Selling & Sales management.
Bastian Indra, 2012, Akuntansi Sektor Publik di Indonesia, edisi I, BPFE UGM, Yogyakarta.
Brooke, Russel, Price, 2013, “Discriminant Validation Of Measures Of Job Satisfaction, Job Involvement and Organizational Commitment”, Journal of Applied Psychology.
Byars, Lloyd L and Rue, W. Leslie, 2012, Human Resource Management, Fifth Edition, Irwin Mc. Graw-Hill, USA.
Devito, Joseph. 2012. Komunikasi Antar Manusia. Karisma Publishing Group. Tangerang.
Edi Sofiantho, 2010. Pengaruh Motivasi dan Prestasi Kerja Individu Terhadap Kepuasan Karyawan pada Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Makassar. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Makassar. Tesis. Tidak Dipublikasikan.
Edy Sudiro. 2012. Analisis Pengaruh Faktor Motivasi dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Hutama Karya di kota makassar. Tesis. Program Pascasarjana Unhas. Makassar. Tidak Dipublikan.
Etzioni, Amitai, 2010, A Comparative Analysis Of Complex Organization, The Fress Press, New York.
Etzioni, Amitai, 2013. A Comparative Analysis Of Complex Organization, The Fress Press, New York.
Fitzsimmons, James A. and Mona J. Fitzsimmons, 2012. Service Management; Operations, Strategy, and Information Technology. 3rd Ed. McGraw-Hill, Inc.
Fred Luthans, 2010, Organizational, Behavior, Sixth Edition, Mc Graw, Chapter 19.
Gary Dessler, 2010. Manajemen Personalia. Erlangga, Jakarta.
Gaspersz, Vincent. 2012. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Gibson, Ivancevich, Donelly, 2010, “Organizational : Behavior, Structure, Processes”, Sixth Edition, Terjemahan : Djarkasih, Organisasi : Perilaku, Struktur dan Proses, Jilid I, II, Erlangga, Jakarta.
Hamalik, Ramli. 2010. Pengelolaan PAD. Penerbit Bina Aksara, Jakarta.
Handoko, T. H., 2012, Manajemen, BPFE-UGM, Yogyakarta.
Indrawijaya, Adam. 2014. Perilaku Organisasi. Sinar Baru, Bandung.
Kamus Bahasa Indonesia, 2010. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Latif Abdul, 2012, Membangun Sumber Daya Manusia yang Mandiri dan Profesional, PT. Penakencana Nusadwipa. Jakarta.
Lovelock, Christoper H. 2013. Managing Service: Marketing, Operations and Human Resource. Prentice Hall. Englewood Cliffs. New Jersey.
Moekijat, 2014. Manajemen Sumberdaya Manusia. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Moenir , H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum, Bumi Aksara. Jakarta.
Nisjar, Sadiq, 2012. Kualitas Pelayanan dan Dimensi Kualitas Kepuasan Pelanggan. Penerbit Andika Purnama, Surabaya.
Nur Hidayah 2012. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Paramedis Terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bulukumba. Tesis. Program Pascasarjana STIA YAPPANN Jakarta. Tidak Dipublikasikan.
Piers 2010. Understanding Adeloscence: Current Developments in Adolesecece Psychology. Boston : Allyn & Bacon
Salusu, S.S., 2010. Birokrasi Administrasi. Penerbit Cahaya, Jakarta.
Sarwoto, 2013. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Sedarmayanti. 2010. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Ilham Jaya. Bandung.
Semiawan, Conny 2012. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Gramedia. Jakarta.
Setiawan, Sumartono, 2013. Birokrasi Pemerintahan. Penerbit Tarsito, Bandung.
Siagian P. Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Sinungan Muchdarsyah, 2012, Produktivitas Apa dan Bagaimana, Edisi Kedua, Cetakan Kedua, Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.
Supriadi, Dedi. 2010. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Adicita Karya Nusa. Yogyakarta.
The Liang Gie. 2013. Administrasi Perkantoran. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Prinsip-prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2014. Tentang Otonomi Daerah.
Wahab, Solichin Abdul, 2010, Analisis Kebijaksanaan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Sinar Grafika, Jakarta.
Westra, Pariata; Satarto; dan Ibnu Syamsi, 2010. Ensiklopedia Administrasi. Gunung Agung. Jakarta.
Zethaml, Valerie A. Parasuraman A. dan Leonard L. Berry. 2010. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press. New York.

Published

2022-10-19

How to Cite

Fauziah, F. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PEMERINTAH KELURAHAN DI KECAMATAN PALETEANG KABUPATEN PINRANG. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3081