ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MAJENE

https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3083

Authors

  • Risma Yuliaty Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia
  • Maryadi Maryadi Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia
  • Muh. Said Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia

Keywords:

kemampuan, prosedur pelayanan, sarana prasarana dan pelayanan

Abstract

Penelitian akan dilaksanakan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2019. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah masyarakat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene yang berjumlah 250 orang. Dalam kaitan ini peneliti mengambil sampel dengan teknik simple random sampling (acak sederhana) dengan menentukan sampel sebanyak 50 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dari hasil uji F atau pengujian secara simultan menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 35,513, lebih besar dari F tabel = 2,70. Hasil analisa menunjukkan bahwa variabel bebas/independen (X) faktor kemampuan aparat, prosedur pelayanan dan sarana prasarana secara simultan signifikan berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene, 2)  Dari uraian uji t diketahui bahwa ketiga variabel bebas/independen (X) signifikan berpengaruh secara parsial terhadap efektivitas pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene, dan 3)  Diantara kemampuan aparat, prosedur pelayanan dan sarana prasarana, maka sarana prasarana (X3) merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap efektivitas pelayanan publik pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene.

References

Alfian (2013), Pengantar Teori Organisasi, Jakarta Bali Pustaka
Assauri, Sofyan, (2014), Menejemen Produksi Atmosudirjo, Yogyakarta, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada
Batinggi, H.A. (2011), Pelayanan Umum, Ujung Pandang, UNHAS
Catheryne Devrye, (2011), Good service, Good Business, Jakarta, Gramadia
Dessler Gary, (2011), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT Prenhallindo
Endang Lestari Gurnitowati, (2013), Prinsip-Prinsip Pelayanan Prima, Jakarta, Haji Masangung
Handoko, Hani (2014), Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka
Hasibuan, Malayu, S.P, (2011), Pengantar Menejemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Haji Masagung
Hochberg, (2002) Delivering Quality Service: Customer Perceptions and Expectation, The Free Press, New york.
Ibrahim, Buddy, (2011), Total Quality Manajeman, Jakarta, Balai Pustaka
Indriyo Gitosudarmo, (2014), Perilaku Keorganisasian, Yogyakarta, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gadja Mada
Lembaga Administrasi Negara, (2011) Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta. LAN RI
Manullang, (2014), Administarasi Kepegawaian, Jakarta, Haji Masagung
Moenir, (2014), Manajemen Pelayanan Umum, Jakarta, Haji Masagung
Mitrani, Alain, (2013), manajemen Sumber Daya ManusiaBerdasarkan Kompetensi, Jakarta, Balai Pustaka
Musanef, (2014), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Balai Pustaka
Nyoman I. Sudita, (2011), Teori Organisasi Manajemen, Jakarta, Pustaka Jaya
Notoatmodjo, Sukidjo (2011), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Rineka Cipta
Odione (2013), Pengantar Manajemen, Jakarta, Gramedia
Prayudi, (2011), Pengantar Manajemen Sumner Daya Manusia, Jakarta, Haji Masagung
Prasetya Irawan, (2011), Pengantar Sumber Daya Manusia, STIA LAN Pres, Jakarta
Porwadarminta, dkk, (2006), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka
Salusu, J, (2014), Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprotif, PT. Grasindo, Jakarta
Shadely (2011), Teori Organisasi, Alfabeta, Bandung
Sespanas LAN, (2013), Agenda Perilaku Pelayanan publik, Jakarta, lembaga Administrasi Negara
Siatupang (2011), Pengantar Sistem Manajemen, Jakarta, Balai Pustaka
Sugiono, (2011), Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfa Beta
Stoner, (2014), Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Gramedia
Tjokoroamidjoyo, Bintoro, (2011), Good Governance (Paradigma Baru Manajemen Pembangunan), Jakarta.
The Liang Gie, (2013), Administrasi Perkantoran Modern, Jakarta, Haji Masagung
Wahab S, Abdul (2011). Analisa kebijakan dari Formulir ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.
Weir, Sandy. (2013), Strategic Planning in Local Govarnment. Washington : Planner Press.
Dwiyanto, Agus, (2013), Reformasi Birokrasi, Yogyakarta, Universitas Gadja Mada, Perss
Wirawan, Sarlito, (2013), Pokok-Pokok Teori Organisasi, Jakarta, Balai Pustaka

Published

2022-10-19

How to Cite

Yuliaty, R., Maryadi, M., & Said, M. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MAJENE. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 75–85. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i1.3083