Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Dan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros

https://doi.org/10.37476/jbk.v11i3.3102

Authors

  • Umrah Usman Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia
  • Muhammad Idris Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia
  • Didiek Handayani Gusti Magister Manajemen STIE Nobel Indonesia

Keywords:

kepemimpinan, iklim organisasi, SIM kepegawaian dan pelayanan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, iklim organisasi, dan sistem informasi manajemen kepegawaian terhadap kualitas pelayanan pegawai Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian survey yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Penelitian dilaksanakan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros. Waktu penelitian bulan Oktober sampai November 2019. Populasi adalah Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros sebanyak 48 orang. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh (sensus) dimana semua populasi dijadikan sampel sebanyak 48 Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda (Multiple Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros, 2) Terdapat pengaruh iklim organisasi terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros, 3) Terdapat pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros, 4) Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan, iklim organisasi dan sistem informasi manajemen kepegawaian secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros, dan 5) Variabel iklim organisasi yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pegawai pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros.

References

Arni Muhammad. 2011. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara, Jakarta.

Davis, Keith dan John W. Nestrom. 2014. Perilaku Organisasi. Jilid II, Edisi 7, Erlangga. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011, Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program SPPS. Edisi Ketiga, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hoy, Wayne K. dan Cicil G. Miske. 2013. Educational Administration. Rondo House. New York.

Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Mitra Wacana Media.Jakarta

Laksana, Fajar. 2013. Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Mawardi, M. C. (2022). Alternative Work Arrangements, Work Environment, and Job Stress on Job Satisfaction and Turnover Intention. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 27-39.

Megawaty, M., Hamdat, A., & Aida, N. (2022). Examining Linkage Leadership Style, Employee Commitment, Work Motivation, Work Climate on Satisfaction and Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(1), 01-14.

Mulang, H. (2022). Analysis of The Effect of Organizational Justice, Worklife Balance on Employee Engagement and Turnover Intention. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 86-97.

Musanef. 2011. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Jakarta: PT Gunung Agung.

Nasution S. 2013. Metode Research. Bumi Aksara. Jakarta.

Nawar, Agus. 2013. Psikolog Pelayanan. Alfabeta. Bandung.

Raymond, McLeod. Jr,. 2012. Sistem Informasi Manajemen. PT. Indeks. Jakarta.

Rivai, Veithzal. 2014. Performance Appraisal. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Robbins, Stephen P, 2011, Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Alih Bahasa : Hadyana Pujatmaka, PT. Prenhallindo, Jakarta

Siagian, Sondang P, 2013. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Rineka Cipta, Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Eddendi. 2013. Metode Penelitian Survei. LP3S. Jakarta.

Steers, Richard, M. 2011. Efektivitas Organisasi. Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta. Bandung.

Susanto, Y., & Rambano, D. (2022). The Role of HRM Factors in Improving Performance Analysis of Local Government Financial Reports. Golden Ratio of Human Resource Management, 2(2), 98-107.

Sutanta Edhy. 2011. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Gema Ilmu.

Tiro Muhammad Arif dan Sukarna 2012. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Andira Publisher. Makassar.

Tjiptono, Fandy. 2012. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi Offset. Yogyakarta.

Winardi, 2013. Gaya Kepemimpinan Yang Efektif, Rineka Cipta, Jakarta.

Winardi, 2013. Gaya Kepemimpinan Yang Efektif, Rineka Cipta, Jakarta.

Wirjana, Bernardine R. 2012. Mencapai Manajemen Berkualitas. Andi Offset. Yogyakarta.

Published

2022-10-19

How to Cite

Usman, U., Idris, M., & Gusti, D. H. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Dan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Maros. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(3), 271–276. https://doi.org/10.37476/jbk.v11i3.3102