PENGARUH AKUN BISNIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, WORD OF MOUTH DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE ULANG TAHUN HOMEMADE DI KOTA MAKASSAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v10i3.3156

Authors

  • Indah Sari STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Muhammad Idris STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Saripuddin Saripuddin STIE Nobel Indonesia, Makassar

Keywords:

Promosi, Social media, Word of mouth marketing, Inovasi Produk, Keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh strategi promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar, (2) Pengaruh word of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar, (3) Pengaruh Inovasi Produk terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar, (4) Pengaruh Promosi Melalui media sosial Instagram, Word Of Mouth (WOM) dan Inovasi Produk secara Simultan terhadap keputusan pembelian produk kue ulang tahun homemade di kota Makassar.. Desain penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk kue ulang tahun homemade di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian Ini menunjukkan bahwa: (1) Sosial Media Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan nilai t yang bernilai positif sebesar +4,360 (2) Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan nilai t yang bernilai positif sebesar +7,642 (3) Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan nilai t yang bernilai positif sebesar +4,375. (4) Sosial Media Instagram, word of mouth dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05. Semakin tinggi atau baik promosi melalui social media Instagram, word of mouth dan inovasi produk, maka keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat

References

Adhita Maharani Dewi .2018.Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal.Universitas Kristen Surakarta

Ali Hasan.2010.Marketing.Yogyakarta:Media Presindo

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Andy, Sernovitz. 2009. Word Of Mouth Marketing:How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York : Kaplan Publishing.

As’ad H. Abu Rumman Dan Anas Y. Alhadid, 2014, The Impact Of Social Media Marketing On Brand Equity: An Empirical Study On Mobile Service Provider In Jordan. Science Private University, Amman, Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res Vol 3

Bagas Aji Pamungkas & Siti Zuhroh.2016. Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Stie Pgri Dewantara Jombang

Bhaskoro, A. T. (2014). Laporan Akhir Tahun Sumall: Instagram Sebagai Media Sosial Paling Efektif Dalam Memacu Bisnis. Dailysocial.Net.

Bungatang, B., & Reynel, R. (2021). The Effect of Service Quality Elements on Customer Satisfaction. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 107-118.

Dedi Rianto Rahadi.2017. Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E-Marketing. KNTIA

Eko Boedhi Santoso, Joko Samboro.2017.Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Http://J-Adbis.Polinema.Ac.Id/

Firman, A. (2021). The Effect of Career Development on Employee Performance at Aswin Hotel and Spa Makassar.

Firman, A., & Ilyas, G. B. (2021). The Effect of Kaizen Strategy on Customer Satisfaction: Empirical Study on Budget Hotels in Makassar City. Point Of View Research Management, 2(1), 01-09.

Firman, A., Ilyas, G. B., Reza, H. K., Lestari, S. D., & Putra, A. H. P. K. (2021). The Mediating Role of Customer Trust on the Relationships of Celebrity Endorsement and E-WOM to Instagram Purchase Intention. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 8(1), 107-126.

Hasanuddin, S. (2021). Analysis of Oil Palm Marketing Efficiency in Tommo District, Mamuju, Indonesia. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(1), 01-13.

Hasrat, T., & Rosyadah, K. (2021). Usability Factors as Antecedent and Consequence on Business Strategy and SERVQUAL: Nielsen & Mack Approach. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 81-92.

Hidayat, M., Latief, F., & Nurhaedah, Z. (2022). PENINGKATAN DAYA SAING BUMDESA MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN POTENSI LOKAL DESA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3400-3414.

Latief, F., Dirwan, D., & Idris, M. (2021). DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 157-166.

Latief, F., Semmaila, B., & Arfah, A. (2022). The Influence of Brand Image and Product Quality on Musical Instrument Purchase Decisions. Point Of View Research Management, 3(2), 121-133.

Marpaung, F. K., Dewi, R. S., Grace, E., Sudirman, A., & Sugiat, M. (2021). Behavioral Stimulus for Using Bank Mestika Mobile Banking Services: UTAUT2 Model Perspective. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 61-72.

Saiba, L., Firman, A., & Hidayat, M. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Semangat Kerja terhadap Prestasi Kerja Aparatur Sipil Negara pada Kantor Bupati Pegunungan Arfak Propinsi Papua Barat. Journal of Applied Management and Business Research (JAMBiR), 1(1), 86-93.

Simanjuntak, M. (2021). Designing of Service Dominant Logic and Business Model Canvas: Narrative Study of Village Tourism. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 73-80.

Sugiarto, S., & Octaviana, V. (2021). Service Quality (SERVQUAL) Dimensions on Customer Satisfaction: Empirical Evidence from Bank Study. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 93-106.

Published

2021-08-06

How to Cite

Sari, I., Idris, M., & Saripuddin, S. (2021). PENGARUH AKUN BISNIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, WORD OF MOUTH DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE ULANG TAHUN HOMEMADE DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(3), 253–262. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i3.3156