PENGARUH KEMAMPUAN INDIVIDU, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i3.3188

Authors

  • Haidir Haidir STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Maryadi Maryadi STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Asri Asri STIE Nobel Indonesia, Makassar

Keywords:

kemampuan individu, lingkungan kerja, komitmen organisasi dan kinerja

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan individu, lingkungan kerja, dan komitmen organisasi secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.Desain penelitian ini menggunakan penelitian survey yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Penelitian dilaksanakan di Kantor Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Waktu penelitian pada bulan Oktober sampai November 2019. Populasi dalam penelitian yaitu semua pegawai Kantor Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling sensus atau sampel jenuh, yaitu jumlah sampel merupakan semua populasi. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 65 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan individu, lingkungan kerja dan komitmen organisasi secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja pegawai Kantor Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar, serta variabel komitmen organisasi yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.

References

Amin, I. (2013). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Anggraeni. (2013). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barata, A. A. (2013). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Yudhistira.

Buhler. (2012). Alpha Teach Yourself, Management Skills. Jakarta: Prenada Media Group.

Chandra, F. T. (2011). Service Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Consuegra, D. M. (. (2012). ). An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyality: An Empirical Analysis in Service Sector. Journal of Product & Brand Management.

Dwiyanto, A. (2014). Reformasi, Birokrasi, Kepemimpinan, dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Gaspersz, V. (2011). Total Quality Management. Bogor: Vinchristo Publication.

Hadi, S. (2014). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, M. S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irawan, H. (2012). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kasmir. (2011). Etika Customer Service. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2013 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. (n.d.).

Lukman, S. (2011). manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN.

Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Perusahaan Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, A. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Nasution. (2015). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugraheni, Z. A. (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Skripsi: UNY.

Pasalong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Nagara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan Publik. (n.d.).

Rahmayanty, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P. (2015). Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sedarmayanti. (2014). Good Governance. Bandung: Mandar Maju.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Soejono. (1997). Pemerintah Desa. Jakarta: Aksara.

_______. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Tangkilisan, H. N. (2015). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Tjiptono, F. (2013). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (n.d.).

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi dalam penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winarsih, R. d. (2015). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2020-06-06

How to Cite

Haidir, H., Maryadi, M., & Asri, A. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN INDIVIDU, MOTIVASI KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(3), 285–294. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i3.3188