PENGARUH KEMAMPUAN, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3190

Authors

Keywords:

kemampuan, lingkungan kerja, motivasi, kepemimpinan dan efektivitas

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan, lingkungan kerja, motivasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah meliputi seluruh guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene sebanyak 234 orang dari 9 Sekolah. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil sampel secara sebanyak 72 orang guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan, lingkungan kerja, motivasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.

References

Arifin, R. 2013. Perilaku Organisasi. Malang: Bayu Media

Bafadal, Ibrahim. 2013. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, Nanang. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gibson, James L., John M, Ivansevich. dan James H. Donnely, Jr. 2011. Organisasi, perilaku, Struktur, Proses. (Alih Bahasa Nunuk Adiarni). Jakarta: Binarupa Aksara.

Handayaningrat, S. 2013. Pengantar studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.

Hasibuan, Malayu SP. 2010. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung.

____________. 2011. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumu Aksara.

Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. 2011. Educational Administrations: Theory,Research, and Practice (6th ed,international edition). Singapore: McGraw Hill Co.

Indar, Dhumberansyah. 2012. Filsafat Pendidikan. Surabaya. Karya Abditama.

Jalal, F. 2015. Kebijakan Pendidikan dalam Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jogiyanto. 2013. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2013. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Komaruddin. 2010. Manajemen Berdasarkan Sasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

___________. 2014. Ensiklopedia Manjemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang, M. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Martoyo, S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 5. Yogyakarta: BPFE.

Mulyasa, E. 2012. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2020-11-06

How to Cite

Tahir, A. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(4), 306–310. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3190