PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI DIKECAMATAN SOREANG KOTA PARE-PARE

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3193

Authors

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Prestasi belajar Siswa.

Abstract

Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Menguji Dan Menganalisis pengaruh Kepala sekolah dan Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar siswa SDN sekecamatan Soreang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.  Sebanyak 280 Siswa SDN sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan untuk menguji layak tidaknya suatu pertanyaan didalam kuesioner adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik yang diperkuat dengan uji normalitas dan uji multikorelasi dan dalam pengujian hipotesis meliputi analisis regresi linear berganda, uji t serta uji uji F dan R2 dengan Sofware SPSS versi 19.0.Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa SD Negeri dan masuk kategori sedang, Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa SD Negeri dengan kategori sedang, Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri sebesar 32,1% yang berarti terdapat 67,9% pengaruh variabel lain selain kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa yaitu motivasi belajar siswa, motivasi mengajar guru, dan budaya organisasi.

References

Ahmadi, A. dan Widodo, S. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rhineke Cipta.

Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Bumi Aksara.

Ari Kunto Suharsini, 2002, Prosedur Penelitian suatu pendekan praktek edisi revisi ke lima, penerbit PT.Rineka Cipta Jkt.

A.F Stoner, James dan Edward Freeman (eds), Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo, 1996.

Ary, D, Jacob, L. C, & Razavieh. A, 2014. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan Arief Furchan. 1982. Surabaya. Usaha Nasional.

Daft, Richard L. & Steers. Richard H Hall. 2011. Organizations. A Micro/macro Approach. London. Scott, ForesSMA and Company.

Sugiyono. 2013 . Statistika untuk Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Sahertian, P., and Soetjipto, B.E. 2014. Improving Employee’s Organizational Commitment, Self-Efficacy and Organizational Citizenship Behaviour Through the Implementation of Task-Oriented Behaviour. The Business Review Cambridge. Vol.17(2): 48-60.

Published

2022-11-06

How to Cite

Saenong, H. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI DIKECAMATAN SOREANG KOTA PARE-PARE. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(4), 330–336. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3193