PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3195

Authors

  • Taslim Taslim STIE Nobel Indonesia, Makassar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Budaya Kerja dan Sarana PrasaranaPendidikan Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene, serta variabel sarana prasarana pendidikan (X3) merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dilaksanakan di SD Negerii di kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene dengan populasi guru berjumlah 533 orang. Dengan menggunakan metode penentuan sampel yaitu area sampling (Cluster Sampling) maka di ambil delapan sekolah dengan populasi guru berjumlah 130 orang. di ketahui jumlah sampel adalah 97 guru. Penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket dan data. Untuk menganalisa data di pergunakan teknik analisis deskriptif dan analisa jalur dengan menggunakan program komputer SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bawa kepemimpinan kepala sekolah, Budaya Kerja dan Sarana PrasaranaPendidikan Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene, serta variabel Sarana Prasarana Pendidikan yang paling dominan berpengaruh terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene.

References

Arifin, R. 2013. Perilaku Organisasi. Malang: Bayu Media

Bafadal, Ibrahim. 2013. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, Nanang. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gibson, James L., John M, Ivansevich. dan James H. Donnely, Jr. 2011. Organisasi, perilaku, Struktur, Proses. (Alih Bahasa Nunuk Adiarni). Jakarta: Binarupa Aksara.

Handayaningrat, S. 2013. Pengantar studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Masagung.

Hasibuan, Malayu SP. 2010. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung.

____________. 2011. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Bumu Aksara.

Hoy, Wayne K. & Miskel, Cecil G. 2011. Educational Administrations: Theory,Research, and Practice (6th ed,international edition). Singapore: McGraw Hill Co.

Jalal, F. 2015. Kebijakan Pendidikan dalam Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jogiyanto. 2013. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2013. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Komaruddin. 2010. Manajemen Berdasarkan Sasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

___________. 2014. Ensiklopedia Manjemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Manullang, M. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama.

Yogyakarta: BPFE.

Published

2020-11-06

How to Cite

Taslim, T. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN BANGGAE TIMUR KABUPATEN MAJENE. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(4), 344–350. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3195