PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA GURU, DAN MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 POLEWALI MANDAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3197

Authors

  • Surianto Surianto STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Muhammad Idris STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Saripuddin Saripuddin STIE Nobel Indonesia, Makassar

Keywords:

kepemimpinan, budaya kerja, sarana prasarana dan kinerja.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja guru dan manajemen sarana prasarana pendidikan terhadap kinerja mengajar guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Polewali Mandar.Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Polewali Mandar. Waktu bulan Oktober sampai November 2019. Bertolak dari permasalahan dan tujuan penelitian yang ingin dicapai, jenis penelitian adalah gabungan kualitatif dan kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional untuk mengetahui antara variabel terikat dan variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah meliputi seluruh guru dan kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Polewali Mandar berjumlah 30 orang. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh (sensus), sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak  30 orang guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Polewali Mandar. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja guru dan manajemen sarana prasarana pendidikan terhadap kinerja mengajar guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Polewali Mandar

References

Rohmah, Ifa F. 2013. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada SD Swasta di Kabupaten Purwakarta)”. Tesis. Sekolah Pascasarjana UPI: tidak dipublikasikan.

Sagala, S. 2014. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Siagian, Sondang P. 2010. Sistem Informasi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Gunung Agung.

Suprapto, J. 2013. Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada

Fattah, Nanang. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gibson, James L., John M, Ivansevich. dan James H. Donnely, Jr. 2011. Organisasi, perilaku, Struktur, Proses. (Alih Bahasa Nunuk Adiarni). Jakarta: Binarupa Aksara.

Jalal, F. 2015. Kebijakan Pendidikan dalam Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Jogiyanto. 2013. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2013. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyasa, E. 2012. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

___________ 2014. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara..

Nurdin, S. 2015. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat: Quantum Teaching.

Published

2020-11-06

How to Cite

Surianto, S., Idris, M., & Saripuddin, S. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA GURU, DAN MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 POLEWALI MANDAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(4), 359–366. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3197