PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TINAMBUNG KABUPATEn POLEWALI MANDAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3198

Authors

  • Waris Waris STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Muhammad Idris STIE Nobel Indonesia, Makassar
  • Muh Said STIE Nobel Indonesia, Makassar

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin, Motivasi Kinerja Guru

Abstract

Penelitian bertujuan Untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin, dan motivasi terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.Desain penelitian ini menggunakan penelitian survey yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok (Singarimbun, 2013). Survey merupakan studi yang bersifat kuantitatif yang digunakan untuk meneliti gejala suatu kelompok atau perilaku individu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar sebanyak 76 orang. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh (sensus), yaitu semua populasi dijadikan sampel. Dengan demikian, total sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 76 orang guru Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah (X1), maka akan semakin tinggi pula kinerja guru (Y). Sebaliknya, semakin kurang baik kepemimpinan kepala sekolah (X1), akan semakin rendah pula kinerja guru (Y)..

References

Abas, Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Atmodiwiro, Soebagyo. 2013. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ardadizya Jaya.

Fatah, Nanang. 2010. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Handayani, Titik., dan Aliyah A. Rasyid. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 3, No. 2, September.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A,. 2010. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung :

Remaja Rosdakarya

Mangkunegara, A.A. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa E. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : PT. Remaja.

Mulyasa. E. 2013. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda

Mulyasa, E. 2014. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Munir. 2013. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithsal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan.

Jakarta: Muri Kencana

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi

Aksara

Simamora, Henry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YPKN

Slamet, Achmad. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang:

Universitas Negeri Semarang.

Soetjipto, Raflis Kosasi, 2012. Profesi Keguruan, Jakarta : Rineka Cipta.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tu’u, Tulus. 2014. Peranan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia

Wahjosumidjo. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Published

2020-11-06

How to Cite

Waris, W., Idris, M., & Said, M. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TINAMBUNG KABUPATEn POLEWALI MANDAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(4), 367–374. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i4.3198