PENGARUH ATRIBUT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK MEREK INDOMIE MELALUI SIKAP (STUDI MASYARAKAT KOMPLEK TAMANGAPA)

https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3815

Authors

  • Syamsul Alam Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nur Naninsih STIE AMKOP Makassar
  • Dewi Pratiwi Indriasari STIE AMKOP Makassar

Keywords:

Atributte, trust, attitude purchase intention

Abstract

The This study aims to analyze and understand how peopl’s purchase intention for Indomie brand products are. This study analyzes the effect of attributes and beliefs through attitudes towards purchase intentions of Indomie Brand Products. This type of research is quantitative with research samples taken from individuals who have been in the Tamangapa complex. The research instrument used a questionnaire with a total of 110 valid questionnaires collected by the researcher. Data analysis was processed using Path Analysis  with SPSS software for data processing. The results of this study found that the relationship between the variables had a positive and significant effect on both the independent, dependent, and intervening variables. The theoretical implication in this study contribute that the attitude can be studied as a mediating variable.

References

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4153. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i08.p05
Afifah. (2017). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Mandiri. 1–182.
Alfin NF Mufrenia, Agi Rosyadib, A. R. T. (2017). Pengaruh Atribut Toko Online terhadap Kepuasan dan kepercayaan Konsumen di Kota Tasikmalaya. Ekonomi Managemen, 3(Mei), 35–42.
Angriawan, F. (2013). KONSUMEN KOSMETIK SARIAYU ( Studi Kasus Pada Toko Usaha Mandiri DTC Surabaya ) SKRIPSI Telah Dipertahankan Dihadapan Dan Diterima Oleh Tim Penguji Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran ” Jawa Timur Pada Tang.
Anugrah. (2021). Pengaruh atribut produk terhadap niat beli (studi pada Bluder cokro Madiun).
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryadhe, T., Suryani, A., & Sudiksa, I. B. (2018). PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Sifat manusia yang tidak pernah puas dan mempunyai beragam keinginan menuntut produsen untuk selalu me. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1452–1480. https://media.neliti.com/media/publications/255052-pengaruh-sikap-dan-norma-subjektif-terha-76c7ce29.pdf
Cintammy, J., & Slamet, F. (2021). Pengaruh Atribut, Kepercayaan Konsumen, Dan Nilai Yang Dipersepsikan Terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(1), 146. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i1.11299
Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i1.177
Fahmi, S. (2018). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Kepercayaan terhadap Niat Konsumen dalam Melakukan Transaksi E-Commerce, melalui Sikap sebagai Variabel Intervening. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 86. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i1.21
Fibrianti, L., DH, A. F., & Arifin, Z. (2013). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Proses Keputusan. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 84–92.
Ha, H.; Janda, S.; and Muthaly, S. . (2010). A New Understanding of SatisfactionModel in E-re-purchase Situation,” European Journal of Marketing, Vol. 44, No. 7/8, pp. 997-1016.
Hidayah, A., & Mudjiyanti, R. (2020). Pengaruh Sikap, Fashion Leadership, Kepercayaan Konsumen Dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Produk Fashion Secara Online. In Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 458–469.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Indah Sulistiowati, dan H. (2018). Pengaruh Sikap dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian produk Online (studi kasus pada Online Grostas Import Batam), JIM UPB Volume 6 No.1 2018.
James, St Melissa., N. C. (2011). Factor Influencing Wine Consumtion in Southern California Consumers. International Journal of Wine Business Research.23(1):36-48.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.
Malinda, F., Parlyna, R., & Saidani, B. (2019). Pengaruh Kepercayaan terhadap Niat Membeli Ulang dengan Kegunaan yang Dirasakan sebagai Variabel Intervening pada E-commerce X. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan …, 1(2), 105–112. http://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/view/277%0Ahttp://pub.unj.ac.id/index.php/jbmk/article/download/277/220
Martin Rahmawati Masitoh, M. J. W. (2017). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan pelanggan pada Niat Beli Ulang Secara Online, Jurnal Sains Manajemen, Volume.3 No. 1. 2017.
Mohd Yasin, N., Nasser Noor, M., & Mohamad, O. (2007). Does image of country‐of‐origin matter to brand equity? Journal of Product & Brand Management, 16(1), 38–48. https://doi.org/10.1108/10610420710731142
Nur Hidayat, W. (2022). Pengaruh Atribut Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Merek Sebagai Variabel Mediasi (Kasus Pada Merek Eiger). 91. http://eprints.ums.ac.id/101345/
Pradnyana, I Wayan Baktha., T. G. R. S. (2016). Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Niat KOnsumen Membeli Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 CBS. E-Jurnal Manajemen Unud. 5(9):5462- 5493.
Rachmani, A. (2012). Universitas indonesia analisis hubungan atribut produk terhadap sikap konsumen (studi eksperimen atribut produk sereal sarapan nestle fitnesse).
Radian Wismana. (2019). Analisis Pengaruh Atribut Produk, Ketidakpuasan dan Kepercayaan terhadap Respon Emosi Konsumen. Ebistek, 1(Oktober), 12–24.
Raj, M. A. (2012). Consumer Attitude and Purchase Decision Towards Household Computers (With Reference to Vellore District of Tamilnadu). Asian Journal of Research in Social Science and Humanities. 2(4):49-60.
Riska, R&Jus’at, I. (2013). Hubungan antara Konsumsi Mie Instan, Asupan (Energi Protein, Vitamin A dan Fe) dan Status Gizi Laki-laki Usia 19-29 tahun di pulau Sumatra (analisis data sekunder. Jurnal Kesehatan, 5(1), 1–14, Riskesdas.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Sinambela, E. A., Azizah, R. N., Lestari, U. P., Ernawati, E., & Issalillah, F. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Kepercayaan Merek, Negara Asal Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Minuman Probiotik Yakult. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(4), 107–113. https://doi.org/10.47065/jtear.v2i4.269
Song, H., Shin, G. W., Yoon, Y., & Bahn, S. (2020). The Effects of Ear Dimensions and Product Attributes on the Wearing Comfort of Wireless Earphones. Applied Sciences, 10(24), 1-15.
Susanto, D. A., & Sugiyanto, L. B. (2021). Pengaruh Trust, Service Quality, Utilitarian Value dengan Mediasi Attitude Toward Online Shopping, dan Subjective Norm terhadap Purchase Intention (Studi Empiris: Konsumen Tokopedia Domisili DKI Jakarta). Journal of Business & Applied Management, 14(2), 115. https://doi.org/10.30813/jbam.v14i2.2805
Susriyanti. (2018). Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 1, 56–60.
Tobuhu, M. A., Machmud, R., & Rahman, E. (2022). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Sikap Penggunaan Layanan M-Banking (Studi pada Bank BNI Cabang Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 686–693.
Wang, E. S.-T. and J.-R. Y. (2016). Effect of Product Attribute Beliefs of Ready-to-drink Coffee Beverages on Consumer-Perceived Value and Repurchase Intention , British Food Journal, Vol. 118, No. 12 pp. 2963 – 2980.
Wilujeng, I. P. (2008). Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Dan Norma Subyektif Atas Pelayanan Terhadap Niat Melakukan Pembelian Ulang Pada Perusahaan Forwarding. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 4(2), 116–126. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/881
Yunitasari, M. D. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Shopee. E-Qien (Ekonomi Dan Bisnis), 9(2 Maret), 325 – 330.

Published

2023-04-30

How to Cite

Alam, S., Naninsih, N., & Indriasari, D. P. (2023). PENGARUH ATRIBUT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK MEREK INDOMIE MELALUI SIKAP (STUDI MASYARAKAT KOMPLEK TAMANGAPA). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 166–176. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3815