ANALISIS PERSEPSI NASABAH MENGENAI PEMBIAYAAN USAHA RAKYAT PADA BANK SYARIAH DI KOTA MAKASSAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3826

Authors

  • Novita Rosanti Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar
  • Annisa Nurul Afifah Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar

Keywords:

Persepsi, Pembiayaan Usaha Rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi nasabah mengenai Pembiayaan Usaha Rakyat pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk. KC Pettarani Makassar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis Angka Indeks berdasarkan kategori Three Box Methode dengan alat bantu IBM SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nasabah mengenai Pembiayaan Usaha Rakyat pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk. KC Pettarani Makassar termasuk dalam kategori tingkat persepsi yang sangat baik.

References

Al-Qur‟anul Kareem. (2007). Qur’an Surah An-Nisa ayat 29. Jakarta: Departemen Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur‟an. Yayasan Daarul Qur‟an Nusantara.

Arianto, Nugroho. (2011). Peranan Al-Mudharabah sebagai Salah Satu Produk Perbankan Syariah dalam Upaya Mengentaskan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol.8 No.2.
Ashar, Khusnul. (2011). Analisis Terhadap Kesinambungan Lembaga Pembiayaan Pedesaan Dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Journal Of Indonesian Applied Economics Vol.5. No.1.
Daulay, Raihanah. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Mandiri Syariah di kota Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 10 NO. 01, APRIL 2010 ISSN 1693-7619.
Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen:Penggunaan 3 kotak Three box method. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Apllikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19 Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismail. (2016). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.
-------- (2017). Perbankan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurfilaeli, Dhika. (2014). Persepsi Nasabah Mengenai Pengaruh Pembiayaan Syariah Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Pada Bmt Mentari Bumi Kemangkon Purbalingga. KOMPARTEMEN, Vol. XII No.2, September 2014.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Erlangga. Jakarta.
Latan, dan Termalagi. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung. Alfabeta.
Maisaroh. (2011). Tantangan dan Peluang Perbankan Syariah Dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah untuk Memperkuat Kesejahteraan Umat. Jurnal Economic Sains Vol.IX. No.2.

Murwanti, Sri dan Muhammad Sholahuddin. (2013). Peran Keuangan Lembaga Mikro Syariah untuk Usaha Mikro di Wonogiri. Surakarta: ISBN.978- 979-636-147-2.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit CV Andi.

Siregar, Sofyan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif:Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta:Kencana. Hal. 55
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------ (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------- (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Setyo. (2012). Pengaruh Karakteristik dan Perilaku UKM serta Sistem Pembiayaan terhadap Penyaluran Pembiayaan BNI Syariah. Jurnal Manajemen Vol.7. No.1.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008

Walgito, Bimo. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: UNNES.
Wangsawidjaja. (2012).` Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: IKAPI

Published

2023-04-30

How to Cite

Rosanti, N., & Afifah, A. N. (2023). ANALISIS PERSEPSI NASABAH MENGENAI PEMBIAYAAN USAHA RAKYAT PADA BANK SYARIAH DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 222–228. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3826