EFEK LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. JAPFA COMFEED MAKASSAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3962

Authors

  • Fanny Kesia Tondok Universitas Hasanuddin
  • Syamsu Alam Universitas Hasanuddin
  • Andi Nur Baumassepe Universitas Hasanuddin

Keywords:

Lingkungan kerja, motivasi, kinerja pegawai, work environment, motivation, employee performance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai PT. Japfa Comfeed. Variabel yang digunakan adalah lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kinerja pegawai. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada pegawai PT. Japfa Comfeed”. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dengan teknik slovin.  Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, ujimultikolinearitas, uji koefisien korelasi dan determinasi, dan uji t. Keseluruhan metode analisis diolah menggunakan program SPSS versi 26.0  Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Lingkungan kerja berpengaruh namun tidak secara signifikan terhadap kinerja pegawai sedangkan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan dan dominan terhadap kinerja pegawai pada PT. Japfa Comfeed .

References

Akbar, S. (2018) “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan,” Jiaganis, 3(2), pp. 1–17.
Alamsyah, S. (2017) Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Cabang Sungguminasa. Makassar.
Chanderson, lewis dan Suprastha, N. (2020) “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT SUNRISE POLYBAG,” Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(1), pp. 122–130.
Dewi, S.K. dan Frianto, A. (2013) “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi,” Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(4).
Fauzi, I. (2021) “Efek Mediasi Motivasi Kerja Pada Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja,” MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(2).

Fauziyyah, A. (2017) Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Tbk. Kantor Cabang Palembang. Palembang.
Gardjito, A.H., Musadieq, M. al dan Nurtjahjono, G.E. (2014) “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Karmand Mitra Andalan Surabaya),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 13(1).
Hanafi Abdul, Z. (2018) “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” Dimensi, 7(2), pp. 406– 422.
Hasibuan, S.M. dan Bahri, S. (2018) “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja,” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), pp. 71–80.

Hendriko, R. (2019) Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Penelitian Dan Pengembangan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Medan.
Malau, W.C.J. (2018) Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirtanadi Sumetera Utara Cabang Cemara. Medan.
Prakoso, R.D., Ika, E.S.A. dan Ruhana (2014) “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. AXA Financial Indonesia Cabang Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(2).

Putra, K.D.A. dan Nurcaya, I.N. (2019) “Pengaruh Layout Toko Dan Visual Merchandising Toko Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Supermarket Tiara Dewata Denpasar,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(5), pp. 2302–8912.
Putri, R.T.N.S. (2021) Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Berdikari Group Takalar. Maros.
Rahayu, T.O. (2019) Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun Tahun 2019. Madiun.
Rijal, M. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Anugrah Sukses Lestari (Grand Mall, Toserba).Maros
Sajuni, Y.D.M. (2017) Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bantul. Yogyakarta.
Setiawan, S.A. (2018) Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dengan Semangat Kerja Sebagai Variabel Intervening (Pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk Syariah Semarang). Salatiga.
Sodexo.co.id. (2019). Sodexo.co.id:https://www.sodexo.co.id/dimensi-lingkungan-kerja yang-harus-diperhatikan-setiap-perusahaan. Di akses pada tanggal 27 Mei 2022.

Surjosuseno, D. (2015) “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi UD Pabrik Ada Plastic,” Agora, 3(2).
Wijaya, A. (2017) Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo. Makassar.
Wulan, C.W. (2019) Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada Kantor Regional PT. Bima Palma Nugraha). Kutai

Published

2023-04-30

How to Cite

Tondok, F. K., Alam, S., & Baumassepe, A. N. (2023). EFEK LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PT. JAPFA COMFEED MAKASSAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 229–240. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.3962