PENGARUH E-PROMOTION DAN VIDEO CONTENT TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP MELALUI COSTUMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

https://doi.org/10.37476/jbk.v12i3.4109

Authors

  • Muhammad Alif Qadafi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mariah Mariah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Work Discipline, Company Commitment, and Employee Performance.

Abstract

This research uses quantitative methods. Data was collected through questionnaires and processed using SPSS. This study took a sample of 68 students of the Indonesian Nobel Institute of Technology and Business Makassar

The results show that (1) E-Promotion has no significant effect on purchase intention (2) Video Content has no significant effect on purchase intention (3) E-Promotion has a significant effect on Customer Trust (4) Video Content has a significant effect on Customer Trust (5) Customer Trust has a significant effect on buying interest (6) E-Promotion has a significant effect on Buying Interest on TikTok Shop through Customer Trust (7) Video Content has a significant effect on Buying Interest on TikTok Shop through Customer Trust

References

Argiyan Dwi Pritama, Gustin Setyaningsih, T. M. (2020). Pelatihan Produksi Video Untuk Konten Promosi Online Di Industri Kecil Menengan (Ikm) Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, 2(1), 61–69. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/jpmm/article/view/935

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). ANALISIS VIDEO KONTEN IKLAN RUANG GURU DAN BRAND AMBASSADOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PENGGUNA RUANG GURU. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Citra Savitri, & Flora Patricia Anggela. (2020). Pengaruh E-Promotion Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Di Pt. Xyz. Buana Ilmu, 4(2), 253–279. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1138

Deli Sianturi, R. (2021). Pengaruh Promosi dan Store Exterior Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bisnis Retail Minimarket. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 36–39.

Dewi, D. K. (2021). Pengaruh consumer trust, brand image, dan satisfaction terhadap repurchase intention pada pengguna kartu telkomsel (studi kasus pada mahasiswa stiesia surabaya ). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(8), 1–14.

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. 3(September), 171–180.

Halim, N. R., Iskandar, D. A., Bisnis, F., & Teknologi, I. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. 4(3), 415–424.

Hesti, O. :, & Wulandani, R. (2021). Eksistensi Content Creator dalam Proses Produksi Konten TECHNOPRENEURSHIP A Supangat, M.kom., ITIL., COBIT.

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.612

Latief, F., Dirwan, D., & Muhammad, I. (2021). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi).

M. Zaki, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. 4, 115–118.

Maesaroh, S. (2013). PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Oleh : Siti Maesaroh. 1(1), 150–168.

MUHAMMAD FAKHRU RIZKY NST, H. Y. (2014). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN OBAMA PT. NAILAH ADI KURNIA SEI MENCIRIM MEDAN. 14(02), 135–143.

Mulyana, M. (2019). Inisiasi VIII Strategi Promosi dan Komunikasi. Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran, 57–63.

Nadilla Muthari Aryanti, 142050465. (2016). FUNGSI PROMOSI PRODUK POS EXPRESS DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN DI KOTA BANDUNG.

Nugrah, N., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI MINUMAN YOTTA. Jurnal Malomo: Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 71-80.

Pandini, A. M. P., & Evelina, T. Y. (2021). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen, 13(2), 157–160.

S.L.H.V. Joyce Lapian, Tilaar Florida, F. R. (2018). SHOPPE SECARA ONLINE PADA ANGGOTA PEMUDA GMIM ZAITUN MAHAKERET THE INFLUENENCE OF TRUST AND MOTIVATION TO USERS SHOPPE INTEREST IN BUYING ONLINE FOR THE MEMBERS OF THE YOUTH GMIM ZAITUN MAHAKERET. 6(4), 2028–2037.

Sa’diyah, K., Kurniati, R. R., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh Digital Marketing dan Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Asuransi. Jiagabi, 8(3), 163–169.

Sembada, I. V., Bustam, & Hotimah, E. (2022). Pengaruh Promosi dan Testimoni Terhadap Minat Beli Produk Lyfira Hijab Dimediasi oleh Kepercayaan ( The Influence of Promotions and Testimonials on Purchase Intention of Lyfira Hijab Products is Mediated by trust ). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(1), 22. http://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/ekomabis/article/view/276

Sofiana, Febrina Hambalah, & Yanda Bara Kusuma. (2021). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Online Di E-Commerce Shopee. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 113–122. https://doi.org/10.30649/aamama.v24i2.129

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 4(1), 26–37.

Ulfa, R. S. P.-P. S. T. T. K. A. M. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Kepercayaan (Trust) dan Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Situs Traveloka. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(1), 86.

Published

2023-07-30

How to Cite

Qadafi, M. A., Latief, F., & Mariah, M. (2023). PENGARUH E-PROMOTION DAN VIDEO CONTENT TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP MELALUI COSTUMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(3), 289–303. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i3.4109