PENGARUH MODAL USAHA, PROMOSI DAN MANAJEMEN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM DI KABUPATEN MAMUJU
Keywords:
Modal Usaha, Promosi, Manajemen Usaha dan Keberhasilan UsahaAbstract
This study aims to analyze (1) The partial influence of business capital, promotion, and business management on the success of SMEs in Mamuju Regency. (2) The simultaneous influence of business capital, promotion, and business management on the success of SMEs in Mamuju Regency. (3) The most dominant variable affecting the success of SMEs in Mamuju Regency.
This research approach uses a quantitative method. The research was conducted on SMEs in Mamuju Regency and was carried out from November to December 2022. The research population is 50 SMEs. The sample selection in this research was done using a saturated sampling method. The analysis technique used is multiple linear regression analysis.
The results show that (1) Partially, business capital, promotion, and business management variables has a positive and significant effect on the success of SMEs in Mamuju Regency. (2) Simultaneously, business capital, promotion, and business management variables has a positive and significant effect on the success of SMEs in Mamuju Regency. (3) The business management variable is the most dominant variable affecting the success of SMEs in Mamuju Regency..
References
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Penerbit Aswaja Pressindo.
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Agustiningsih, Wulandari. (2016). Jurnal Nominal. Pengaruh Penerapan E-Filling, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Yogyakarta
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Apriliani, dan Widiyanto. (2018). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Tenaga Kerja terhadap Keberhasilan UMKM Batik
Andayani dan Suardana. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Struktur Aktiva Pada Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi
Ardi Nugroho, Listyawan. (2011). Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arief, Burhan dan Mia Rosmiati. (2012). Dampak Akses Kredit Terhadap Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Padi.Sumedang : Institut Koperasi Indonesia
Farida, Umi. (2017), Manajemen sumber daya manusia 1, Ponorogo, FE Universitas Muhammadiyah
Fitria, A. dan Imam Hidayat. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kupunya Rumah Mode. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu Sp. (2012). Manajemen SDM. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Erlangga, Jakarta
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Mukti Fajar, ND. (2016). UMKM Di Indonesia Prespektif Hukum Ekonomi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Netty Herawaty, Reni Yustien. (2019). Pengaruh Modal, Penggunaan Informasi Akuntansi Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil (Survei Pada Usaha Rumahan Produksi Pempek di Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia
Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti
Ridwansyah, Ardhi. (2017). Instant Marketing For Busy People : Rangkuman Intisari Pemasaran. Esensi. Jakarta.
Safitri, H. and Khasan Setiaji (2018) ‘Pengaruh Modal Usaha dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro dan Kecil di Desa Kedungleper Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara’, Economics Education Analysis Journal
Simamora, Henry (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY Sukirno, Sadono. (2010). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada
Suryana. 2014. kewirausahaan; Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, Jakarta.
Togodly, E. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica di Kabupaten Jayawijaya. Journal of Chemical Information and Modeling,
Zulfikar, Rizki, dkk. (2018). “Marketing Performance Influenced by Market Orientation Through Value creation”. Sitasi Dosen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM