PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE DECISION PADA PRODUK WARDAH

https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4586

Authors

Keywords:

Celebrity Endorsement, Purchase Decision

Abstract

Penggunaan skincare sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat. Banyaknya brand pendatang baru seperti Glafidsya, MS Glow, Daviena dan lain-lain menjadi ancaman berat bagi brand senior seperti Wardah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar mampu bersaing adalah bagaimana meningkatkan Purchase Decision atau keputusan pembelian karena tertarik dengan produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Purchase Decision. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan jenis sampel jenuh untuk pengumpulan datanya. Penelitian ini akan diuji menggunakan software SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara Celebrity Endorsement terhadap Purchase Decision.

References

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272

Arief, M., Mustikowati, R. I., & Chrismardani, Y. (2023). Why customers buy an online product? The effects of advertising attractiveness, influencer marketing and online customer reviews. LBS Journal of Management & Research, 21(1), 81–99. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-09-2022-0052

Bai, B., Law, R. and Wen, I. (2008). The Impact of Website Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intentions: Evidence from Chinese Online Visitors. International Journal of Hospitality Management.

Diatmono, P., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2020). Analysis of Human Capital in Talent Management Program, Training and Development to Improve Employee Competence Case Study in BSG Group. Business and Entrepreneurial Review, 20(1), 45–66. https://doi.org/10.25105/ber.v20i1.6812

Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Effendy, B. C. N. (2020). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DALAM MENARIK KEPERCAYAAN KONSUMEN AKAN PRODUK ONLINE SHOP. 7(2).

Ferdinands, L. C. (2019). Pengaruh Brand Loyalty, Word Of Mouth, Dan Celebrity Endorsement Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 74–80. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i3.4980

Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis dengan program SPSS. Universitas Dipenogoro. Semarang.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran. 12.

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2019). Lingkungan Bisnis, Kapabilitas Unik Dan Strategi Bersaing Perusahaan Distributor Ayam Di Provinsi Dki Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 2012, 1–6. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.4319

Putrawan, K. A., Agung, A. A. P., & Atmaja, N. P. C. D. (2019). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN SHOP LOCATION TERHADAP PURCHASE DECISION KONSUMEN PADA DEWA AYU SHOP KLUNGKUNG. Emas, E-ISSN : 2774-3020.

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sofyan, Y., & Andriyani, Y. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada Auto 2000 Cabang Asia Afrika Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 1(2), 1–21. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp1-21

Sparks, B.A. and Browning, V. (2011). The Impact of Online Reviews on Hotel Booking Intentions and Perception of Trust. Tourism Management.

Sridevi, J. (2014). Effectiveness of Celebrity Advertisement on Select FMCG – An Empirical Study J. Sridevi.

Suryabrata, S. (2004). Metodoloi Penelitian. Pustaka pelajar.

von Felbert, A., & Breuer, C. (2020). How the type of sports-related endorser influences consumers’ purchase intentions. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 22(3), 588–607. https://doi.org/10.1108/IJSMS-01-2020-0009

Wibowo, S. F. & M. P. K. (2012). Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian sabun lux (survei pada pengunjung mega bekasi hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 1.

Wisnu Wardhana, H., Wahab, Z., Saggaff Shihab, M., & Yuliani, Y. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 431–446. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.627

Published

2024-04-30

How to Cite

Alfiah, S. (2024). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE DECISION PADA PRODUK WARDAH. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 138–146. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4586