ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBELIAN KENDARAAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI PT.SML BALI

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI BISNIS PEMBELIAN KENDARAAN OPERASIONAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI PT.SML JAKARTA CABANG BALI

https://doi.org/10.37476/jbk.v13i3.4716

Authors

  • Made Irma Dwiputranti Universitas Primakara
  • I Gusti Agung Prabandari Tri Putri Universitas Primakara Bali
  • Nur Amalia Universitas Primakara Bali

Keywords:

BOK, BEP, IRR, NPV, Strategi.

Abstract

PT SML merupakan perusahaan jasa pengiriman yang menyediakan jasa express, regular, trucking dan Ekspor impor. PT SML adalah jasa pengiriman yang berfokus pada pengiriman alat kesehatan, farmasi, dan kosmetik.Permasalahan yang dihadapai saat ini adalah terjadinya peningkatan pengiriman barang di PT SML, sehingga kewalahan dalam menangani pengiriman barang. Peneliti melakukan analisis kelayakan untuk memiliki angkutan sendiri atau sewa dengan komponen utamanya, yaitu Biaya Operasi Kendaraan (BOK). Metode BOK adalah perbaikan atau peningkatan kualitas prasarana dan sarana transportasi, biasanya bertujuan untuk mengurangi biaya.

Kajian perhitungan BOK terdiri dari hasil penjumlahan antara biaya tetap kendaraan, biaya variable/biaya tidak tetap, dan biaya overhead.Selanjutnya adalah untuk menentukan apakah armada layak dibeli atau tidak. Strategi apa yang dapat dikembangkan untuk pengembangan perusahaan dengan menggunaka SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan IRR sebesar 38%, biaya operasional kendaraan per tahun untuk rute Jakarta-Bali adalah Rp.376.000.000,00.

Hasil dari pada penelitian ini menyarankan untuk membeli mobil operasional baru yang akan mengembalikan modal dalam waktu sekitar 2,5 tahun, lebih cepat dari umur ekonomis mobil selama 5 tahun.Strategi pengembangan ke depannya adalah  PT.SML dapat mengembangkan bisnisnya untuk memiliki layanan tambahan dalam penyimpanan dan pengelolaan persediaan peralatan Kesehatan dan farmasi.

References

Amarajaya, D., Iskandar, Y. A., & Vikaliana, R. (2024). Analisis Kelayakan Investasi Pembelian Armada Trailer Truck pada Distributor Baja X. Jurnal Ikraith Ekonomika, Vol 7 No 2.

Ardiansyah. (2015). Manajemen Transportasi. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Chopra, S., & Meindl, P. (2016). Supply Chain Management Strategy, Planning and Operation. New Jersey: Pearson, Sixth Edition.

Haming, M. (2010). Study Kelayakan Investasi Proyek dan dan Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Lafitri, E., & Helina. (2022). Analisis Kelayakan Investasi Pembelian Armada Truck Pada UD.Restu AMI. Integrasi Ilmiah Teknik Industri,7 (2), 93-99.

Larisang, & Kamil, I. (2021). Analisa Strategi Pengembangan Usaha Perusahaan Ekspedisi Pada PT.Uwais Global Logistik Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. Profisiensi, Vol.9 No.1; 90-103, 90-103.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian Kualitatif. Solo: Cakro Book ROM.

Pauw, Y. V. (2017). Analisa Stategi Pengembangan UsahaJasa Angkutan Laut Pada PT.Sar Ampenan di Surabaya. AGORA Petra University, Vol 5 No.1.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sullivan, G. W., wicks, E. M., & Koelling, C. (2015). Engineering Economy. New Jersey, USA: Pearson Education Inc.

Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal . Yogyakarta: AMP YKPN Edisi keempat.

Warokka, R., & Sisca V. Pandey, J. A. (2020). Analisa Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Angkutan Umum (Studi Kasus:Trayek Manado-Bitung). Jurnal Sipil Statik, Vol 8, No 2, 191-196.

Published

2024-07-20

How to Cite

Dwiputranti, M. I., Putri, I. G. A. P. T., & Amalia, N. (2024). ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PEMBELIAN KENDARAAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI PT.SML BALI: ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI BISNIS PEMBELIAN KENDARAAN OPERASIONAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI PT.SML JAKARTA CABANG BALI. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(3), 300–309. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i3.4716