PENGARUH INOVASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO RABBANI DI PEKANBARU

https://doi.org/10.37476/jbk.v13i3.4734

Authors

  • Ulpa Rapizo Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Samsurijal Hasan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rinda Fithriya a Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

innovation, promotion, product purchase decision, Rabbani shop

Abstract

Pelaku usaha perlu berpikir lebih kritis, artistik, dan inovatif guna mewujudkan beragam konsep yang mampu menarik minat beli konsumen dalam mengambil keputusan pembelian, mengingat ketatnya persaingan di dunia usaha, termasuk industri fashion. Promosi dan inovasi merupakan dua elemen yang diduga berpengaruh pada keputusan konsumen dalam pembelian. Kenyataannya bisnis yang menggunakan promosi dan inovasi sebagai strategi penjualan tidak selalu dapat berdampak pada keputusan konsumen. Tujuan adanya penelitian topik ini, untuk mengetahui bagaimana inovasi dan pemasaran mempengaruhi keputusan konsumen pada pembelian di toko Rabbani Pekanbaru, baik secara parsial maupun simultan. Teknik deskriptif kuantitatif yang digunakan di penelitian ini. Terdapat enam puluh pelanggan toko Rabbani yang dijadikan sampel. Kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan regresi linier berganda, uji T, F, dan Koefisien determinasi digunakan untuk analisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, di toko Rabbani di Pekanbaru, inovasi mempunyai dampak besar terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk. Pada toko Rabbani Pekanbaru, promosi mempunyai pengaruh yang besar terhadap keputusan pelanggan dalam membeli produk. Dengan demikian, pada toko Rabbani Pekanbaru, inovasi dan promosi memiliki pengaruh besar terhadap keputusan masyarakat membeli produk.

References

Ahmadi, L. (2019). Pengaruh Bauran Ritel (Barang Dagangan, Harga, Promosi, Pelayanan Dan Fasilitas Fisik) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengunjung Mr D.I.Y Di Mall Suncity Sidoarjo). Journal of chemical information and modeling, 53(9), 1689-1699.

Alma, Buchari. (2018). Manajemen pemasaran dan manajemen pemasaran jasa. Cetakan ketiga belas. Bandung: CV Alfabeta.

Ansari. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen ponsel merek samsung. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242.

Apriyanti, M. E. (2020). Percaya Diri dan Berpikir Strategis Untuk Menghadapi Ketatnya Persaingan Bisnis. Jurnal Usaha, 1(2), 26–40.

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 184. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441

Ghoni, Abdul dan Tri Bdroastuti. (2020). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang). Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis 1(1): 1-23.

Hasbullah, & Muchtar. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. JEBM, 18(4), 826–831.

Hatmawan, A. A., & Riyanto, S. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Cv Budi Utama.

Husnah, M., Batubara, I. W., Siregar, A. I. F., Rahmadhani, S., & Suhairi. (2022). Pengantar Pemasaran Global. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 923–926.

Intan, F. (2016). Pengaruh Inovasi Produk, Daya Tarik Iklan Dan Persepsi Harga Keputusan Pembelian Pada Cafe Dengan Menu Unik (Studi Kasus Pada Cafe Tombo Ngelak Yogyakarta). In Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Irawati, R. (2022). Pengaruh E-Marketing Mix UMKM Kuliner Malang terhadap Minat Beli Generasi Millenial pada Start-Up Food Delivery Online di Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(1), 50–66.

Pitoy, V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 302–312.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53. http://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.24

Sari, I., Idris, M., & D, S. (2020). Pengaruh Akun Bisnis Media Sosial Instagram, Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kue Ulang Tahun Homemade Di Kota Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i1.873

Wardhanie, A. P., Hananto, V. R., & Ningsih, N. (2018). Strategi Promosi Pada Toserba Gandung Dan Sopongiro Surabaya. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(1), 44-50. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i1.31

Published

2024-07-30

How to Cite

Rapizo, U., Hasan, S., & Fithriya a, R. (2024). PENGARUH INOVASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TOKO RABBANI DI PEKANBARU. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(3), 320–330. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i3.4734