PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALINYAMATAN

https://doi.org/10.37476/jbk.v13i3.4780

Authors

  • Nurul Muffidah Universitas Nahdlatul Ulama jepara
  • Ali Ali Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Rifqy Roosdhani Universitas Nahdlatul Ulama jepara

Keywords:

Keywords : Leadership Style, Motivation, Self Efficacy, Teacher Performance.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu membuktikan adanya pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan self efficacy (keyakinan diri) terhadap kinerja guru  pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampling menggunakan proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 150 orang guru PNS di sekolah dasar negeri di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas dari instrumen penelitian diukur menggunakan validitas isi dan konstruk (content and construct validity). Cronbach’s Alpha digunakan untuk mengukur reliabilitas instrument. Analisa yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisa regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; dan (3) terdapat pengaruh self efficacy (keyakinan diri) guru terhadap kinerja guru.

References

Albert, A., & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh Stress, Motivasi Dan Kepuasaan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4), 884.

Asterina, Fitri dan Sukoc. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 7, Nomor 2, September 2019 (208-219).

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Jumiati, dan Ari Kartiko. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Kinerja Guru. Academicus: Journal of Teaching and Learning. Vol. 1, Issue 1 (September 2022), pp. 32-44

Juniarti, Elvi, dkk. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 2020, Pages 193-199.

La Ode Ismail Ahmad. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1, Juni 2017.133-142.

Luthan (2014). Pengaruh Self-Efficacy terhadap In-Role Performance Karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderator (studi karyawan Bank Central Asia KCU Borrobudur Malang). Jurnal Administrasi Bisni (JAB) Vol.61 No. 4.

Rina, Helda, dkk. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Effect of Motivation and Principal Leadership Styles on Teacher Performance. Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) 31 Volume 05 Edisi 1 Tahun 2020. 31-44.

Rivai, Veithzal. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta : PT. Grafindo PersadaDaryanto.

Sari, Desi Permata dan Yeki Candra. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir, Self Efficacy, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnl ekonomi dan manajemen system informasi. Volume 1, Issue 3, Januari 2020, Volume 1, Issue 3, Januari 2020,.224-228.

Setiadi, Iman Nugraha. (2021). Perilaku Berbagi Pengetahuan: Pemediasi Dukungan Pimpinan, Pelatihan dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan. Vol. 1 (1), 2021, p: 57 – 68.

Setiyati, Sri. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2, Oktober 2014. Hal 200-207.

Srisiska, Ahyani, N., & Missriani. (2021). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru [The Effect of Discipline and Work Motivation on Teacher Performance]. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1456–1465.

Sudadi. (2022). Gaya kepemimpinan kepala sekolah (tinjauan teoritik dan implementasi). Makassar: Mitra Ilmu.

Suryaman, dkk. (2024). Principals’ change leadership and e-learning effectiveness: The mediating role of teachers work commitment and attitudes toward change.. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 43 No. 1, February 2024, pp.88-101.

Published

2024-07-31

How to Cite

Muffidah, N., Ali, A., & Roosdhani, R. (2024). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALINYAMATAN. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(3), 413–424. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i3.4780