ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA WARUNG KELONTONG MADURA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen dalam mengkonsumsi bahan pokok. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap minat beli konsumen 120 responden yang berbelanja di warung kelontong Madura dengan menggunakan metode simple Random sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas, teknik analisis regresi linier berganda, uji F, Uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel (harga, lokasi, kualitas produk dan kualitas pelayanan) memiliki nilai signifikansi < 0,05, yaitu harga sebesar 0,001, lokasi 0,001, kualitas produk sebesar 0,581, dan kualitas pelayanan sebesar 0,001. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa variabel harga, lokasi, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Dalam uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 65,1% variabel harga, lokasi, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen, sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
References
Abdul, Latief. (2018). “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa)” Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.7, No.1, Mei.
Arrahma, Elian, Tania., Haris, Hemawan., Ahmad, Izzuddin. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. “PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik” Volume IX Nomor 1.
Daryanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Dedy, Ansari, Harahap. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (Pajus) Medan, Jurnal Keuangan Dan Bisnis, Vol. 2, No. 3, 2015, h. 229.
Durianto, D., Sugiarto., & Sitinjak, T. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Eko, Purnomo., Yulfita., Aini., Makmur. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama), Universitas Pasir Pengaraian, Artikel ilmiah, 12 Desember.
Faradiba., Sri, Rahayu., Tri, Astuti. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1-11 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.
Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing, Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.
Larora, Rebecca. (2010). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Warung-Warung Makan Di Sekitar Simpang Lima Semarang). Fakultas Ekonomi. Universitas. Diponegoro. Semarang
Lupiyoadi, Rambat., dan A. Hamdani. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Prawirosentono, S. (2016). Manajemen Operasi: Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Purba, J. (2005). Pengelolaan lingkungan sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Edisi 2.
Purwadarminta. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2015). Consumer Behavior. Pearson Education Limited.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi Mixed methods. Bandung: Alfabeta.
Sutrisni. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk, Harga dan Kepercayan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Universitas Diponegoro. A Aptaguna dan Pitaloka, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-jek, Jurnal Widyakala, Vol. 3, 2016, h. 52.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Wafiruddaroin, M., & Rezeky, S. M. (2022). Dinamika Sosial Budaya Komunitas Pedagang Kelontong Madura di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan. Muqoddima Jurnal Pemikiran dan Riset Sosiologi, Vol. 3, No. 2.
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., & Gremler, D.D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill Education.