PENGARUH KUALITAS PRODUK, SISTEM PEMBAYARAN, DAN JASA KURIR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM BIDANG FASHION DI KABUPATEN KAMPAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4802

Authors

  • Natasya Fazira Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizqon Jamil Farhas Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rinda Fithriyana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

products quality, payment systems, courier services, consumer satisfaction, micro, micro small and medium enterprises

Abstract

Kualitas yang kurang baik dan kurang bervariasi pada suatu produk menyebabkan konsumen memilih belanja online diluar tempat tinggalnya yang lebih terjangkau dibandingkan belanja konvensional seperti di daerahnya khususnya di kabupaten Kampar, banyaknya UMKM bidang fashion yang belum menggunakan jasa kurir dan sistem pembayaran yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh produk, sistem pembayaran, dan jasa kurir terhadap kepuasan konsumen pada UMKM bidang fashion di Kabupaten Kampar. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu 100 responden yang menjadi konsumen pada UMKM. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, sistem pembayaran, dan jasa kurir berdistribusi normal dan kualitas produk, sistem pembayaran, dan jasa kurir tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen bidang fashion di Kabupaten Kampar.

References

Apriliani, F. T. (2020). Model Keberfungsian Sosial Masyarakat Pada Kehidupan Normal Baru.2.

Destarini, F., & Prambudi, B. (2022). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 10(1), 1-52.

Hasan, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Dan Sistem Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Meubel Sebagai Produk Tersier Dalam Upaya Bersaing Dengan E-Commerce Dan Perubahan Sosio-Ekonomi Global. jurnal ilmiah ekonomi dan bisnis, 17(2), 111-120. https://doi.org/10.31849/jieb.v17i24498

Hasibuan, Z., & Ramadhani, S. (2022). Faktor-Faktor yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Membeli Produk Pada Fitur Tiktok Shop (Study Pada Pelanggan Tiktok Shop Dikalangan Mahasiswa/I Medan). Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 19159–19170.

Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang. Komunikasi Massa, 3(1), 9–17.

Hidayat, Ajengtiyas., & Ginting. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Komisaris Independen Publik Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akunida, 2(1), 1–4. http://www.ifpri.org/themes/gssp/gssp.htm%0Ahttp://files/171/Cardon - 2008 - Coaching d’équipe.pdf%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/%0Ahttps://doi.org/10.1080/23322039.2017

Mardikaningsih, R. (2021). Pencapaian Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Melalui Harga, Ekuitas Merek, Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Baruna Horizon, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v4i1.58

Nursari, A., Suparta, i wayan., & Yoke, M. (2019). Pengaruh Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Yang Diminta Masyarakat (M1) Dan Perekonomian. Jep, 8(10), 285–306.

Pransiska, L., Nofirda, F. A., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Dampak Ekonomi Digital terhadap Penggunaan Aplikasi DANA pada Gen Z di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 26604–26609. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10901%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10901/8669

Putra, E. Y., & Jocelyn, F. (2022). Implementasi Pemasaran Digital pada UMKM Pondok Vegetarian Top 68 dengan Menggunakan Media Sosial. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2755

Rahmadani, N. P., Nasrullah, M., & Sukron, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Hijab (Studi Kasus : Toko Hijab Aini Modiste Tirto). Jurnal Sahmiyya, 1(1), 89–96.

Savira, D., Rahayu, D. D., & Wasnury, R. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Transaksi Nontunai Pada Usaha Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajemen Pemasaran …, 02(3), 754–759. https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/142

Savitri, I. A. P. D., & I. Made, Wardana. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10), 5748–5782.

Sulaeman, I. (2020). Analisis Pembayaran Non Tunai Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus UMKM Pantai Tanjung Pakis). Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(2), 144–149. https://doi.org/10.36418/jiss.v1i2.597

Sumarna, D. L., & Pramudita, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Jasa Kurir Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(1), 45–52. https://doi.org/10.35137/jei.v21i1.401

Published

2024-04-30

How to Cite

Fazira, N., Farhas, R. J., & Fithriyana, R. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, SISTEM PEMBAYARAN, DAN JASA KURIR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM BIDANG FASHION DI KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), 226–237. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4802