PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, KEPUASAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA

https://doi.org/10.37476/jbk.v13i4.4842

Authors

  • Winda Purnama Sari Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mariah Mariah Institut Teknolodi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Agunawan Agunawan Institut Teknolodi dan Bisnis Nobel Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh secara parsial variabel promosi penjualan, kepuasan dan pengalaman berbelanja online terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee. (2) Pengaruh secara simultan variabel promosi penjualan, kepuasan dan pengalaman berbelanja online terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee. (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee

Sampel penelitian sebanyak 91 responden yang merupakan pengguna e-commerce Shopee pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial variabel promosi penjualan, kepuasan dan pengalaman berbelanja online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee. (2) Secara simultan variabel promosi penjualan, kepuasan dan pengalaman berbelanja online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee. (3) Variabel pengalaman berbelanja online yang paling dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna e-commerce Shopee.

References

Ajijah, J. H., & Selvi, E. (2021). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa. 13(2), 232–236.

Arianty, Nel. (2018). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Daredaa, Sabatini, Gabriela., Imran, U. D., & Zainal, Rizal, Faisal. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee Pada Mahasiswa Itb Nobel Makassar. Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental In Psychology And Education. (Vol. 3). McGraw-Hill Book Company, Inc.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Vol. 1). erlangga.

Mariah, Ridwan., & Tahir, suci, amalia. (2020). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Denpasar Makassar.

Munatsir, J. (n.d.). Pengaruh Pengalaman Berbelanja, Kepercayaan Konsumen Dan Promosi Terhadap Minat Beli. (Studi pada Aplikasi Toko Online Shopee pada Masa Pandemi di Mataram).

Rose, S., Clark, M., Samouel, P., & Hair, N. (2012). Online Customer Experience in e-Retailing: An Empirical Model of Antecedents and Outcomes. Journal of Retailing, 88, 308–322.

Sahri. (n.d.). Pengaruh Gender, Pengalaman Kerja Dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Makassar).

Sentosa, Harry, phinwa., Latief, Fitriani., & Agunawan. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplacee-Commerce Shopee. 105–117.

Setyarko, yugi. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. 5.

Simamora, susiana., & Realize. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap.

Published

2024-10-15

How to Cite

Sari, W. P., Mariah, M., & Agunawan, A. (2024). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, KEPUASAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(4), 447–460. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i4.4842