MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KAPABILITAS INOVASI TERHADAP KINERJA UMKM DIMEDIASI KEUNGGULAN BERSAING
Keywords:
Manajemen Pengetahuan, Kapabilitas Inovasi, Kinerja UMKM, Keunggulan BersaingAbstract
Peningkatan UMKM yang sedang berlangsung merupakan fenomena yang terjadi di banyak wilayah dan sering kali disertai dengan masalah yang terkait dengan kualitas UMKM. Banyak UMKM di Pontianak menghadapi masalah dalam manajemen pengetahuan, inovasi, dan keunggulan bersaing bisnisnya yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan keberhasilan operasional bisnis. Penelitian ini melihat bagaimana manajemen pengetahuan dan kapabilitas inovasi mempengaruhi kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan keunggulan kompetitif dan kapabilitas inovasi bertindak sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan dari 329 partisipan UMKM dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menerapkan Structural Equation Modeling (SEM) melalui perangkat lunak Amos versi 26 dan uji Sobel untuk menganalisis efek mediasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kinerja UMKM dipengaruhi oleh manajemen pengetahuan dan kapabilitas inovasi. Manajemen pengetahuan ditemukan secara signifikan mempengaruhi keunggulan kompetitif, sedangkan dampak dari kapabilitas inovasi tidak signifikan. Keunggulan bersaing mempengaruhi kinerja UMKM secara signifikan. Manajemen pengetahuan juga mempengaruhi kapabilitas inovasi secara signifikan. Selain itu, keunggulan kompetitif tidak dapat memediasi hubungan antara manajemen pengetahuan serta kapabilitas inovasi terhadap kinerja UMKM, sedangkan kapabilitas inovasi dapat memediasi hubungan antara manajemen pengetahuan terhadap kinerja UMKM.
References
Adiputra, I. P. P., & Mandala, K. (2017). Pengaruh kompetensi dan kapabilitas terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja perusahaan pada pondok wisata (Villa) di Kota Denpasar-Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 6090–6119.
Anom, L., & Safii, A. A. (2022). Enhancing MSME performance through market sensing capability, innovation bapability, and iconic ethnic product development. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30741/adv.v6i1.778
Arman Hadi, Adijati Utaminingsih, & DC Kuswardani. (2023). Peran keunggulan bersaing sebagai variabel yang memediasi kemampuan inovasi dan entrepreneural marketing pada kinerja pemasaran (studi pada umkm makanan dan minuman di provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 14(1), 1–10.
Arumsari, D. T. (2019). Pengaruh literasi keuangan dan kompetensi sdm terhadap kinerja ukm di Jawa Timur. STIE Perbanas Surabaya.
Aswar, N. F., Haeruddin, M. I. M., & Hasdiansa, I. W. (2023). Pengaruh Inovasi Dan Entrepreneurial Orientation Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Di Kota Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i1.3805
Bayu, M. (2024). Jumlah terus meningkat , pemberdayaan UMKM perlu dilakukan. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/pontianak/umkm/870484/jumlah-terus-meningkat-pemberdayaan-umkm-perlu-dilakukan
Bharadwaj, S. G., Rajan Varadarajan, P., & Fahy, J. (1993). Sustainable competitive advantage in service industries: A conceptual model and research propositions. In Source: Journal of Marketing (Vol. 57, Issue 4).
bps.go.id. (2023). Ekonomi Kalimantan Barat triwulan II-2023 tumbuh sebesar 4,00 Persen (y-o-y). Bps.Go.Id. https://kalbar.bps.go.id/id/pressrelease/2023/08/07/1237/ekonomi-kalimantan-barat-triwulan-ii-2023-tumbuh-sebesar-4-00-persen--y-o-y-.html
Chepngetich, P. (2016). Effect of financial literacy and performance SMEs. Evidence from Kenya. American Based Research Journal, 5(11), 26–35.
data.kalbarprov.go.id. (2023). Laporan perkembangan koperasi UMKM per 30 November 2023. Data.Kalbarprov.Go.Id. https://data.kalbarprov.go.id/dataset/laporan-perkembangan-koperasi-umkm-per-30-november-2023
ekon.go.id. (2024). Menko airlangga ungkap potensi ekonomi digital Indonesia dan paparkan signifikansi keanggotaan OECD saat bertemu petinggi Nikkei Inc. Ekon.Go.Id. https://ekon.go.id/publikasi/detail/5790/menko-airlangga-ungkap-potensi-ekonomi-digital-indonesia-dan-paparkan-signifikansi-keanggotaan-oecd-saat-bertemu-petinggi-nikkei-inc
Elda, R. P., Patrisia, D., Abror, & Linda, M. R. (2021). The impact of intellectual capital and knowledge management on competitive advantage. Proceedings of the Sixth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020), 480–487. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.075
Fahmi Alfikri, N. F., Komari, N., & Rosnani, T. (2023). Peran mediasi kapabilitas manajemen pengetahuan pada pengaruh pelatihan terhadap kinerja inovasi pegawai badan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Sanggau. Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 11(04), 255. https://doi.org/10.26418/ejme.v11i04.71042
Fransiskus, R., & Sulistiowati. (2022). Perilaku knowledge sharing dalam meningkatkan kinerja UMKM. Proceeding Seminar Nasional Bisnis Seri VI, December, 325–335.
Indiyati, D. (2014). Pengaruh budaya organisasi dan manajemen pengetahuan terhadap keunggulan bersaing. Sosiohumaniora, 16(2), 193–200. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v16i2.5732
Junaidi, M. (2024). UMKM hebat, perekonomian nasional meningkat. Djpb.Kemenkeu.Go.Id. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html
Kassaneh, T. C., Bolisani, E., & Cegarra-Navarro, J. G. (2021). Knowledge management practices for sustainable supply chain management: A challenge for business education. Sustainability (Switzerland), 13(5), 1–15. https://doi.org/10.3390/su13052956
Khin, S., & Ho, T. C. (2018). Digital technology, digital capability and organizational performance. International Journal of Innovation Science, 11(2), 177–195. https://doi.org/10.1108/IJIS-08-2018-0083
Kusuma, B. N. (2018). Orientasi pasar, inovasi, orientasi teknologi, dan manajemen pengetahuan dalam meningkatkan kinerja bisnis UMKM di Soloraya. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lam, L., Nguyen, P., Le, N., & Tran, K. (2021). The relation among organizational culture, knowledge management, and innovation capability: Its implication for open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(66), 1–16. https://doi.org/10.3390/joitmc7010066
Lee, C. S., & Wong, K. Y. (2015). Development and validation of knowledge management performance measurement constructs for small and medium enterprises. Journal of Knowledge Management, 19(4), 711–734. https://doi.org/10.1108/JKM-10-2014-0398
Li, C., Ashraf, S. F., Shahzad, F., Bashir, I., Murad, M., Syed, N., & Riaz, M. (2020). Influence of knowledge management practices on entrepreneurial and organizational performance: A mediated-moderation model. Frontiers in Psychology, 11(577106), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.577106
Mahdi, O. R., & Nassar, I. A. (2021). The business model of sustainable competitive advantage through strategic leadership capabilities and knowledge management processes to overcome covid-19 pandemic. Sustainability (Switzerland), 13(17), 1–27. https://doi.org/10.3390/su13179891
Maisirata, P. (2023). Pengaruh fokus pada pesaing, fokus pada pelanggan dan kapabilitas inovasi terhadap peningkatan kinerja pemasaran penggiat UMKM (studi kasus pada penggiat UMKM kerajinan manik-manik di Kota Pontianak). MABIS, 14(1), 28–38.
Meldona, Soetjipto, B. E., Wardoyo, C., Hermawan, A., & Utaberta, N. (2023). Innovation capability and risk attitude mediate the effects of knowledge management and financial literacy on MSME performance. Journal of Social Economics Research, 10(4), 194–214. https://doi.org/10.18488/35.v10i4.3555
Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap pemasaran UMKM. Jurnal EMA, 5(2), 100–109. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
Okeyo, W. O., Gathungu, J. M., & K’Obonyo, P. (2016). Entrepreneurial orientation, business development services, business environment, and performance: A critical literature review. European Scientific Journal, ESJ, 12(28), 188. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n28p188
Purmono, B. B. (2023). Does innovation capability and technology capabilities affect the marketing performance of smes in Indonesia? Under a creative commons attribution-noncommercial 4.0 international license (CC BY-NC 4.0). Jurnal Ekonomi, 12(03), 2023.
Rosli, M. M., & Sidek, S. (2013). The impact of innovation on the performance of small and medium manufacturing enterprises: Evidence from Malaysia. Journal of Innovation Management in Small & Medium Enterprise, November 2013, 1–16. https://doi.org/10.5171/2013.885666
Safii, A., & Rahayu, S. (2020). The role of social capital and owner cosmopolitanism on marketing performance of jonegoroan batik MSMEs. 1st International Conference on Business and Social Sciences, 2(2), 1–10.
Samsir, Nursanti, A., & Zulfandi. (2017). The effect of product innovation as mediation in relationship between knowledge management to competitive advantage (Case study in SME of typical food products of Riau Indonesia). International Journal of Economic Research, 14(2), 217–226.
Sorongan, P. (2022). Pengusaha muda pontianak: UMKM banyak persoalan. Suara Pemred. https://www.suarapemredkalbar.com/read/info anda/14102022/pengusaha-muda-pontianak-umkm-banyak-persoalan
Taticchi, P., Tonelli, F., & Cagnazzo, L. (2010). Performance measurement and management: A literature review and a research agenda. In Measuring Business Excellence (Vol. 14, Issue 1, pp. 4–18). https://doi.org/10.1108/13683041011027418
Weber, B., & Heidenreich, S. (2018). When and with whom to cooperate? Investigating effects of cooperation stage and type on innovation capabilities and success. Long Range Planning, 51(2), 334–350. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2017.07.003
Widodo, D. S. (2023). The nexus of entrepreneurial orientation and knowledge management on business performance of smes in West Java: Role of competitive advantage. Journal of Law and Sustainable Development, 11(7), 1–15. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i7.1364
Wijaya, L. D., & Simamora, V. (2022). Pengaruh kapabilitas teknologi informasi dan kapabilitas inovasi terhadap strategi dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing umkm kuliner. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 51–65. https://doi.org/10.38043/jiab.v7i1.3474
Williams, L. J., Vandenberg, R. J., & Edwards, J. R. (2009). 12 structural equation modeling in management research: A guide for improved analysis. Academy of Management Annals, 3(1), 543–604. https://doi.org/10.5465/19416520903065683
Winarto, W. W. A. (2020). Pengaruh knowledge management terhadap peningkatan kinerja UMKM dengan kompeteni sebagai variabel moderasi. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3(2), 141–157. https://doi.org/10.24176/bmaj.v3i2.5052
Wulansari, N. A., Ranihusna, D., & Wijaya, A. P. (2020). The role of knowledge management in MSMEs business performance. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012059
Zainurrafiqi, Z., & Amar, S. S. (2021). Pengaruh innovation capability dan blue ocean strategy terhadap competitive advantage dan business performance. Assyarikah: Journal of Islamic Economic Business, 2(2), 73–100. https://doi.org/10.28944/assyarikah.v2i2.438
Zhou, K. Z., Gao, G. Y., & Zhao, H. (2017). State ownership and firm innovation in china: An integrated view of institutional and efficiency logics. Administrative Science Quarterly, 62(2), 375–404. https://doi.org/10.1177/0001839216674457