MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA ABON DAN KERUPUK KULIT IKAN PATIN

https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5021

Authors

  • Rifki Muhamad Imadudin Universitas Siliwangi
  • Ruliyandi Ruliyandi Universitas Siliwangi
  • D. Yadi Heryadi Universitas Siliwangi

Keywords:

Abon, Kerupuk Kulit, Manajemen Produksi, Bauran Pemasaran, Saluran Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen produksi abon ikan patin dan kerupuk kulit ikan patin serta untuk untuk mengetahui fungsi manajemen pemasaran abon ikan patin dan kerupuk kulit ikan patin oleh usaha pengolahan ikan Jaya Mandiri. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, lokasi penelitian dan penentuan responden ditentukan dengan segaja (purposive). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha pengolah ikan Jaya mandiri sudah menerapkan fungsi manajemen produksi dengan baik. Penerapan fungsi manajemen meliputi proses perencanaan yang telah dilakukan seperti pengadaan bahan baku, alat, dan sertifikasi perizinan. Pada fungsi pengorganisasian dalam proses produksi sudah dilakukan secara terstruktur. Pada fungsi pengawasan produksi dilaksanakan oleh pemilik usaha pengolahan ikan serta dilakukan juga pengawasan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tasikmalaya. Pada tahap evaluasi dilakukan setiap satu bulan sekali yang dilihat dari hasil produksi dan pemasaran. Usaha pengolahan ikan Jaya Mandiri dalam memasarkan produknya menjalankan item bauran pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu produk (product), lokasi (place), harga (price), dan promosi (promotion). Saluran pemasaran (distribusi) yang digunakan oleh usaha pengolahan ikan Jaya Mandiri menggunakan 2 tingkatan saluran pemasaran (distribusi).

References

Anis, M., Utami, S. N. (2007). Optimasi Perencanaan Produksi Dengan Metode Goal Programming. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 5, 133-143.

Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanto, D., Utami, R. (2006). Evaluasi Laju Pertumbuhan, Keragaman Genetik, dan Estimasi Heterosis pada Persilangan antar Spesies Ikan Patin (Pangasius sp.). Jurnal Perikanan (J.Fish. Sci) VIII (I): 81-86.

Dakhi, Yohannes. (2016). Implementasi POAC terhadap kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan tertentu. Jurnal Warta Edisi: 50.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tasikmalaya. (2023). Jenis-jenis Ikan Budidaya di Kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya: DKPP Kota Tasikmalaya.

Fitriah, M., Kusumadinata, A. A. (2023). Informasi Label Kemasan “Mochibo”. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 112.

Hernowo. (2021). Pembenihan Ikan Patin. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT.Prehalindo.

Kotler, Philip., Armstrong, Gary. (2019). Pronsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Redjeki, F., Affandi. A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3, 40-55.

Sukirno, S. (2016). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Suriyanti, Hamid, R. S., Bachtiar, R. E. P., & Idrus, R. D. A. (2024). Peran Saluran Distribusi Dan Aktivitas Pemasaran Sosial Media Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i2.4602

Published

2025-04-22

How to Cite

Imadudin, R. M., Ruliyandi, R., & Heryadi, D. Y. (2025). MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN USAHA ABON DAN KERUPUK KULIT IKAN PATIN. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 176–185. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5021