PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK SMARTPHONE OPPO PADA TOKO ITC CELL KOTA MAKASSAR
Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Word of Mouth, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo Pada Toko ITC Cell Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel penelitian terdiri dari 85 responden yang merupakan calon konsumen pada toko ITC Cell kota Makassar. Sampel penelitian ditentukan menggunakan rumus Malhotra untuk penentuan jumlah sampel, yang menghasilkan 85 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 30 mengenai Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Smartphone Oppo menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli calon konsumen pada toko ITC Cell kota Makassar.
References
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa (Vol. 6, Issue 1). www.Wikipedia.Org
Eka, P. (2019). The Influence Of Product Innovation And Product Quality On Consumer Purchase Interest In Pt. Alfasindo Metal In Jakarta. http://Ojs.Unm.Ac.Id/Index.Php/Administrare/Index
Harjanti, S. (2021). The Impact Of Social Media Marketing, Word Of Mouth And Brand Image On Shopee Consumer’s Purchase Intention In Yogyakarta. Journal Of International Conference Proceedings, 4(3).https://Doi.Org/10.32535/Jicp.V4i3.1343
Hidayat, T., & Farhmita, N. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli ( Studi Kasus Pada Smartphone Samsung Di Neo Komunika). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).
Joesyiana, K. (2018). The Effect Of Word Of Mouth On Consumer Purchasing Decisions At Shopee (Online Shop) In Pekanbaru: Survey of 7th Semester Students of Economics Accounting Education, Faculty of Teacher Training and Education, Islamic University of Riau. VALUTA, 4(1), 71–85.
Kalele, B., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. (2015). Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria Fu Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9434
Launtu, A. (2018). Tinjauan Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Nilai Dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Konsumen Pada Pt. Go-Jek Indonesia Cabang Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v7i2.180
Launtu, A. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toyota Rush (Studi pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v8i1.500
Rohman, Aripin, M. H., & Leliana, A. (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Terhadap Warung Kelontong Madura. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 13(4), Article 4. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i4.4798
Sari, I., Idris, M., & Saripuddin, S. (2021). Pengaruh Akun Bisnis Media Sosial Instagram, Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kue Ulang Tahun Homemade Di Kota Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(3), Article 3. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i3.3156
Viviana, V., Latief, F., & Z, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Kaganga Coffee Di Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i1.3762