TIKTOK SEBAGAI PLATFORM PEMASARAN: ANALISIS CONTENT MARKETING & VIRAL MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION
Keywords:
Content Marketing, Viral marketing, Purchase IntentionAbstract
Penciptaan promosi digital yang dilakukan perusahaan kecantikan tentunya berbeda-beda dan unik, sehingga dapat membentuk ketertarikan konsumen. content marketing dan viral marketing merupakan bentuk pemasaran yang berbeda, namun memiliki keterkaitan dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh content marketing dan viral marketing terhadap purchase intention dari produk Glad2Glow di Surabaya. Metode penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dari pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan dari hasil tersebut diperoleh 130 responden yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dalam menganalisis kaitannya antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan viral marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital yang efektif dalam memanfaatkan media sosial, khususnya TikTok, untuk meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini berkontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran dan menjadi referensi untuk penelitian lanjutan di bidang serupa.
References
Antika, A., & Maknunah, L. L. U. (2023). Pengaruh Konten Marketing Terhadap Minat Beli Pengguna Tik Tok Shop. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.34
Berger, J., & Milkman, K. L. (2012). What makes online content viral?. Journal of Marketing Research, 49(2), 192–205.
Bubphapant, J., & Brandão, A. (2024). Exploring ageing consumers’ usage of content marketing, content typology and online brand advocacy. EuroMed Journal of Business. https://doi.org/10.1108/EMJB-10-2023-0283
Hapsari, D. A., & Soebandhi, S. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Somethinc (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Avesina : Media Informasi Ilmiah Universitas Islam Al-Azhar, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.36679/avesina.v16i1.2
Hien, L. M. (2023. Impact Of Viral Marketing On The Customer Purchase Intention To Natural Costumer Purchase Intention To Natural Cosmetics In Hanoi City. International Journal of Science Academic Research, 4(5).
Justiana, S., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Produk Mother of Pearl. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 150–158. https://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/view/447%0Ahttps://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/download/447/228
Kamanda, S. V. (2024). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Cimory Pada Sinar Mart. JURNAL AL-AMAL, 2(1), Article 1.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2011). Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance. Business Horizons, 54(3), 253–263.
Kartika, A. S. (2023). Analisis Strategi Content Marketing Pada Bisnis Kuliner (Studi Kasus Pada Akun Instagram @initempeid). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(02), 242–250. https://doi.org/10.34308/eqien.v12i02.1427
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
Liu, Y. (2024). Consumer Purchase Intention: A Study based on Content Marketing, Consumer Value. International Journal of Social Sciences and Public Administration, 4(1), 189–198. https://doi.org/10.62051/ijsspa.v4n1.20
Nabila, S. A. (2024). Compas Market Insight Dashboard: Tren Penjualan Kategori Paket Kecantikan pada Periode Q1 2024. Compas. https://compas.co.id/article/tren-penjualan-paket-kecantikan-periode-q1-2024/
Nefrida, N., Riati, R., & Mustofa, R. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Minat Berbelanja Online Pada Media Instagram (Studi kasus: Mahasiswa STIE Persada Bunda di Pekanbaru). Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.1075
Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing, Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 81–93. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4432
Pulizzi, J. (2020). Epic Content Marketing. New York: McGraw Hill.
Putri, V. A., Arifin, R., & Rahman, F. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review, dan Flash Sale Terhadap Minat Beli Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa di Kota Malang). Ilmiah Riset Manajemen, 13(01), 511–518.
Qadafi, M. A., Latief, F., & Mariah, M. (2023). Pengaruh E-Promotion Dan Video Content Terhadap Minat Beli Pada Tiktok Shop Melalui Costumer Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i3.4109
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. deepublish.
Schellewald, A. (2021). Communicative Forms on TikTok: Perspectives from Digital Ethnography. International Journal of Communication, 15, 1437–1457.
Situmeang, I. V. O. (2022). Pengaruh Pesan Viral Marketing Digital Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Followers (Studi Eksplanatif Pada Akun Instagram @Lu’miere). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 277–289.
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Alfabeta.