PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI RISIKO, TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER DENGAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Penelitian Pada Karyawan PT Hwanseung Indonesia Jepara)
Keywords:
Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Kemudahan Penggunaan, Minat MenggunakanAbstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi resiko, sebagai faktor penentu minat menggunakan Shopee Paylater dengan kemudahan penggunaan sebagai variabel moderasi pada karyawan PT Hwanseumg Indonesia Jepara. Populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 5000 karyawan, dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel sebanyak 106 responden. Jenis data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data kuesioner, metode analisis yaitu Partial Last Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan, sedangkan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan. Kemudahan penggunaan dapat memoderasi literasi keuangan terhadap minat menggunakan, sedangkan kemudahan penggunaan tidak dapat memoderasi persepsi risiko terhadap minat menggunakan shopee paylater.
References
Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2022). Pengaruh Sosial Terhadap Minat Penggunaan Fintech. Jebm, 24(2), 245–258. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i2.10330
Aisah, S., Asiyah, S., & Primanto, A. B. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA). E-Jurnal Riset Manajemen, 2020, 52–60. www.fe.unisma.ac.id
Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. In Disability, CBR and Inclusive Development. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 146. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2846
Griani, A. P., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Fitur Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan E-Money. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 6(2), 27–37. https://doi.org/10.29407/jae.v6i2.15921
Hibban, & Utami, F. N. (2022). The Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Security to Intention to Use on Shopee Paylater in Jakarta. E-Proceeding of Management, 9(2), 1306–1312. file:///C:/Users/USER/Downloads/22.04.581_jurnal_eproc.pdf
Lestari, R. M., & Kartika, E. (2024). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Paylater Pada Generasi Z Di Kota Semarang. Jurnal Mirai Management, 9(2), 659–667.
Margharetha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. JMK, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76
Murti, W., Heni, R., Aswiyatul, M., & Tyna, Y. (2022). The Influence Of Financial Literature, Benefits, Easy And Income On Interest In Using Shopee Paylater (Study On Milenial Generation, Bekasi Regency). International Journal of Education, Information Technology and Others, 5(2), 389–399. https://doi.org/10.5281/zenodo.6631297
Nasution, N. H., & Munir, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Paylater dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Al-Buhuts, 19(1), 1–16.
OJK. (2020). Mengenal Otoritas Jasa Keuangan & Industri Jasa Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan, 322.
Prajogo, U., & Rusno, R. (2022). Persepsi Risiko Terhadap Minat Melakukan Pinjaman Online Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderasi. MBR (Management and Business Review), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6680
Purnamasari, R. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. In Jurnal Manajemen (Vol. 18, Issue 3). https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/10130
Putra, A., Handayani, S., & Pambudi, A. (2013). Perilaku Pengendalian Diri Pada Perilaku Manajemen Keuangan Personal Berdasarkan Pada Teori Planned Behavior Menggunakan Pendekatan Partial Least Square. JP FEB Unsoed, 3(1), 309–314.
Putri, T. G., & Amin, M. N. (2024). Penggunaan Fintech Pinjaman Online Dengan Kemudahan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 4(2), 175–184.
Rachmah, D., & Aufa, M. (2023). Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan, Manfaat, Dan Kualitas Layanan Bagi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Menggunakan Paylater. Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 283–301. https://doi.org/10.61132/rimba.v1i4.314
Rahmania, N. R., & Ningtyas, M. N. (2022). Peran Perilaku Keuangan Dalam Memoderasi Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit. Jurnal Dimensi, 11(3), 497–508. https://doi.org/10.33373/dms.v11i3.4242
Safitri, S. G., & Dewi, S. S. (2025). Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Sebagai Kunci Kepuasan Pelanggan Gojek Di Polban. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i1.4956