PENGARUH KEMUDAHAN, RISIKO, PRIVASI, KEPERCAYAAN, DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MEMINJAM DI BANK (Penelitian Pada Pengusaha Mebel Jepara)

https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5147

Authors

  • Septi Nurul Maghfiroh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Purwo Adi Wibowo Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

Persepsi Kemudahan, Risiko, Privasi, Kepercayaan, Persepsi Manfaat

Abstract

Pada kehidupan sehari-hari  banyak masyarakat yang melakukan pinjaman. Salah satu tempat yang menyediakan pinjaman adalah bank. Studi ini bertujuan agar mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, risiko, privasi, kepercayaan, serta manfaat pada daya tarik meminjam di bank. Populasi pada penelitian ini adalah 3.945 pengusaha mebel di Kota Jepara, metode pemilihan sampel yang dipakai ialah purposive sampling dengan sampel sejumlah 104 responden dan dianalisis menggunakan bantuan Partial Last square (PLS). Jenis data pada studi ini merupakan data primer serta data sekunder, data primer didapatkan dari pemberian angket sedangakan data sekunder didapatkan dari penelitian terdahulu serta data lain yang mendukung studi ini. Hasil studi menyatakan bahwa variabel persepsi kemudahan, privasi, kepercayaan, serta manfaat memiliki pengaruh signifikan pada minat meminjam di bank. Sebaliknya, variabel risiko tidak berpengaruh pada daya tarik meminjam di bank. Hasil studi ini diharapkan bisa sebagai referensi yang berguna untuk studi lanjutan serta memperkaya ilmu pengetahuan.

References

Aditya, T., & Mahyuni, L. P. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Manfaat, Keamanan, Dan Pengaruh Sosial Terhadap Minat Penggunaan Fintech. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 245-258.

Andista, D. R., & Susilawaty,Se.Ak.Mt, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop And National Seminar, 1228-1233.

Anggara. (2015). Menyeimbangkan Hak: Tantangan Perlindungan Privasi Dan Menjamin. Institut Criminal Of Justice Reform.

Asri, H. R., Setyarini, E., & Gisijanto, H. A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Peer To Lending. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 01-09.

Desiyanti., & Rika. (2022). Privasi, Keamanan, Dan Niat Memakai Payment Fintech Linkaja Pada Umkm Padang. Jurnal Baabu Al-Ilmi, 157-171.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan.Jakarta. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Efrianto, G., & Tresnawaty, N. (2021). Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Penggunaan Fintech Di Kalangan Masyarakat Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Liabilitas, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.54964/liabilitas.v6i1.71

Faizah, & Nur. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengetahuan Konsumen, Dan Efektivitas Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology . Journal Of Chemical Information And Modeling, 21(1).

Indonesia, S. P. (2024). Laporan Surveillance Perbankan Indonesia . 2024: Otoritas Jasa Keuangan.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pengaruh Privasi dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Payment Fintech. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33603/jka.v4i1.3322

Karnadi, Z., Zulkarnain., & Alwie, A. F. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Sikap, Kontrol Prilaku, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Bank Bumn Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 617-631.

Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah. AKUNTOTEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN TEKNOLOGI, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.31253/aktek.v12i1.370

Malikah, I. M., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kepercayaan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Financial Technology Peer Lending (Pinjaman Online) Pada Mahasiswa Manajemen 2018-2019 Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akutansi, 451-467.

Marranitha, I. D. A. R. P., & Suardana, I. B. R. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Selisih Bunga Kredit Dengan Bank Konvensional, Dan Kemudahan Proses Kredit Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Layanan Fintech Berbasis Pinjaman Online: Studi Kasus Di PTN dan PTS Provinsi Bali. TIERS Information Technology Journal, 1(2), Article 2. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/tiers/article/view/2805

Nurdin, Azizah, W. N., & Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221

Nurhayani, N., Prihatma, G. T., & Syaqillah, A. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pinjaman Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Serang Raya. Jurnal Manajemen Perusahaan: JUMPA, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30656/jumpa.v1i2.6116

Ong, V., & Mn, N. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Minat Penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18259

Pavlou. (2003). Consumer Acceptance Of Electronic Commerce: Integrating Trust And Risk With The Technology Acceptance Model. International Journal Of Electronic Commerce, 7(3), 101–134.

Prajogo, U., & Rusno. (2022). Persepsi Risiko Terhadap Minat Melakukan Pinjaman Online Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderasi. Mbr (Management And Business Review), 22-32.

Sati, R. S., & Bba., M.Sc, M. R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money. Sekoah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Suliantini, K. A., & Dewi, G. A. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Dan Personalisasi Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Peer To Peer Lending. Jurnal Riset Akuntansi, 2021.

Viviana, V., Latief, F., & Z, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Kaganga Coffee Di Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i1.3762

Published

2025-04-22

How to Cite

Maghfiroh, S. N., & Wibowo, P. A. (2025). PENGARUH KEMUDAHAN, RISIKO, PRIVASI, KEPERCAYAAN, DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MEMINJAM DI BANK (Penelitian Pada Pengusaha Mebel Jepara). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 222–235. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5147